Curug Sawer di taman nasional gede pangrango sukabumi, luaaasss bae bae ilang yaa wkwkwk

wije, 2017-agustus-05

Curugnya belum keliatan, tapi suara debur airnya udah kedengeraaannn, bikin senyum² sendiri sambil ngebayangin, lihat aliran sungainya… OMG bening… bening airnya… plus bening² juga pengunjungnya xixixi. awas !!! liatin temenmuuu, kalau ilang jangan² ngilangnya sengaja gara² pdkt sama yg bening² jiaahaha

foto orang dari belakang dengan pemandangan

Ok, back to topic!! dan… bener aja… curugnya tinggiii… 35 meter cuuuyy… kolamnya widiiih jangan ditanya luas dan dinginnya… brrr… berombak juga gaeess. asik nih buat berenang.

mushola, kamar mandi, warung, bakso, komplit laah, pohon² juga banyak buat gantung² hammock, asik lah pokoknya. trek jalan kakinya juga mudah, sempat ketemu beberapa orang yang bawa anak.

 

lihat videonya yaa

Caldera sungai citarik, aligator unyuuu, rafting arung jeram yang aman (banget) untuk pemula

wisata jabodetabek, 2017-02-04

wuuhuuuuuu… pas banget musim hujan, pas banget dapet traktiran main arung jeram di sungai citarik, alhamdulillah…

kali ini kita nyobain paket Aligator di Caldera, include jagung rebus di tengah perjalanan, kelapa muda yang segar² dan menggoda… makan siang juga include, tapi ngga dapet nginep di rumah suku sasak lombok itu loooh… hiks hiks… ya namanya gratisan sikat ajalah, berangkat subuh berangkat subuh deh hhihi.

begitu tiba di lokasi, kita langsung diberikan kantong kresek kosong, “ini untuk nanti taruh pakaian basahnya” … wow. kayanya baru nemu nih pelayanan super yang kaya begini. sederhana tapi super.

sesuai motonya, “Adventure With Care”, kita bener² diperhatikan dengan baik, dari segi pelayanan, keamanan, keselamatan, semuanya dehh. Pemandunya juga jempolan laah, alat² safetynya komplit, buat yang lum pernah arung jeram atau ngga bisa berenang sama sekali seperti sayaa dijamin tetep puas bisa nikmatin petualangan seru ini. Ngga percaya? lihat videonya yaa

yang ngga siap celana, kaos, sendal gunung dll, ada toko² mulai dari gang masuk, dipilih aja yang sesuai selera, dokumentasi foto hasil jepretan kameramen profesional juga bisa dilihat di posko tapi sayang sekali kemarin ngga sempat lihat karena ada acara presentasi dari sponsor.

fasilitas okelah, kamar mandi bersihhh, mushola juga oke.

hmm… kapan ya? nyobain yang crocodile? hhi… kapan yaa? ada yg traktir lagi? hhi

jangan lupppa, lihat video kita

sekalian subcribe disini supaya ngga ketinggalan video terbaru dari kita

Melepas Anak Penyu di Pantai Pangumbahan

wisata jabodetabek, sukabumi, 30 april 2016

Di pantai pangumbahan – ujung genteng sukabumi, terdapat tempat wisata penetasan penyu. Bila pagi hari ada telur² penyu yang menetas, pada sore harinya anak² penyu (tukik) harus dilepas liarkan ke alam bebas.

IMG-20160509-WA0028

turtle babies… anak penyu hijau (tukik)

Untuk HTM nya orang dewasa Rp.10.000,- anak² Rp.5.000,- dan bila tidak terlalu ramai maka tiap-tiap pengunjung diperbolehkan memegang anak penyu untuk dilepaskan. Bila jumlah pengunjungnya banyak, pengunjung hanya diperbolehkan melihat saja saat anak² penyu itu dilepaskan, karena dikhawatirkan ada pengunjung yang membawa pulang anak penyunya.

Pelepasan anak penyu dilakukan setiap hari pukul 17:30 menjelang sunset, tapi sayang sekali bila kita ke pantai pangumbahan tanpa menikmati pantainya, datanglah sejak pagi yaaa… pantainya super private, berasa pantai milik sendiri. Sepi… bersih!!!

Untuk menuju pantai pangumbahan ada dua alternatif. Cara pertama adalah parkir di tempat penetasan penyu, lalu berjalan kaki menyusuri pantainya, sampai di ujungnya kira² 1km. Atau cara kedua adalah menggunakan kendaraan melalui track yg agak offroad dengan beberapa kubangan di beberapa titik yang ada sapinya hha, menggunakan mobil atau motor kurang lebih 5 menit sampai di parkirannya, dari parkiran warung lanjut berjalan kaki tidak sampai 5 menit menyusuri hutan bakau yang sunyi, masih banyak suara burungnya looh. Kereen. lihat videonya yaa…

Suasana pantainya? wiiih jangan ditanya deh… lihat aja videonya… sadis kereeenn!!! di ujung pantai ada kolam setinggi paha orang dewasa, kalau mau berenang di sini ajaa, karena di laut ombaknya super tinggi. Kita juga bisa berfoto dari atas bukit kecil di seberang kolam.

IMG-20160509-WA0000

pantainya luas broooo… bersiiihh… ombaknya mancaaappp

IMG-20160509-WA0017

kolam untuk berenang aman

Waktu yang tepat kembali ke tempat pelepasan penyu adalah sekitar pukul 3 sore, karena kita akan diajak berkeliling terlebih dahulu untuk melihat² dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang penyu.

Sunset pun tiba, kitapun berkumpul untuk melepas anak² penyu bersama². Penyu² itu akan kembali ke pantai pangumbahan ini setelah berumur 25 tahun dan memiliki panjang 1 meter lebih untuk bertelur.

pangumbahan_video

berlomba menuju laut bebas

IMG-20160509-WA0029

menikmati sunset setelah melepas anak penyu

Untuk pengunjung yang ingin melihat penyu raksasa datang dari laut untuk bertelur, dapat mengikuti wisata malam, dewasa Rp. 150 rb, anak² Rp. 50 rb. tetapi jangan berisik dan jangan menggunakan blitz kamera, karena penyu dewasa tidak suka dengan kehadiran manusia dan akibatnya banyak yg akan kembali ke laut tanpa bertelur.

Yuk… ke sukabumi…

watch the video

pangumbahan_video

Air Terjun Panas Cibodas, air terjun unik di perbatasan bogor sukabumi cianjur

wisata jabodetabek, 2015-09-05

Camera 360

hot springs waterfall

Udah pada tau luuuummm??? di cibodas ada air terjun yang airnya panas looh, hmm… mungkin air terjun ini yang jadi cikal bakal nama “cipanas” di daerah puncak ya.. hmm mungkin. Air terjunnya lumayan tinggi, dan di tengah ketinggian air terjun itu (bukan di bawah air terjun dan bukan di atasnya juga) ada jalan setapak yang bisa kita lewati. Gimana, udah kebayang belum? ini diaa keunikan yang cuma ada satu-satunya di Indonesia gaess, atau bahkan mungkin di dunia.

Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) secara administratif masuk ke dalam 3 wilayah yaitu bogor, sukabumi, dan cianjur.

Sebenarnya hari ini kita mau muncak di gunung gede, tapi apalah daya, petugas loket memberitahukan bahwa jalur pendakian sedang ditutup karena musim kemarau extrem. Selain dikhawatirkan terjadi kebakaran hutan, suhu di puncak juga lebih super dingin dari biasanya, jadinya cuma bisa beli tiket ke air terjun aja deh. Ngga usah cedih… cup cup cup… kita campingnya nanti malam di bumi perkemahan aja yaaa…

air_panas_gede_pangrango_cianjur_01

Camera 360

tiket air terjun Rp.18.500,- sore harus turun, ngga boleh ngecamp pakai tiket ini.

Memulai km “Nol” dari jalur cibodas, kita disuguhkan jalur yang nyaman, udara yang fresh, melewati telaga biru… hhmmmm… suara burung dan penampakan hewan² yang langka kadang masih bisa kita lihat di hutan lindung TNGP ini.

Camera 360

belalang ranting, udah pernah lihat lum?

Dan akhirnya tibalah di persimpangan yang bikin labil… yep, pos panyangcangan. heu heu… pilih mana… air terjun “keren” cibereum yang pastinya bakalan penuh hari ini… atau air terjun panas yang masih 2 jam perjalanan lagi… hha. (2 jam karena kita bawa beban berat peralatan tempur di punggung yaaa, ganti²an, tunggu²an… nobody left behind).

air_panas_gede_pangrango_cianjur_13

pilihan sulit…

Okelah karena memang dari awalnya kita membawa rekan² untuk “pengalaman pertama” nya mendaki gunung, baiklaaahh suara terbanyak adalah ke air panas, ke cibereum nanti aja turunnya kalau memang masih ada waktu tersisa. Dan… here we are.

air jatuh dari kiri atas, airnya menyeberangi jalan setapak berbatu selebar kira² 2meter lalu terjun lagi deh ke kanan, sensasinya woww!! ayo kita lewati… berani kan? dasarnya ngga kelihatan, jalannya jangan terlalu di pinggir yaa..

berendam di kolam air panas sebelah air terjun aahh… yakuzi sehat ala ala gitu deh hha asiknya. sambil antri pijat kaki ohohoho… terasa di halaman belakang rumah sendiri brooohh!! eh iya, airnya jangan diminum yaa… mengandung belerang

Abis berendam enaknya ngopi² sambil masak mi instan hha, eh iyaa setelah selesai berendam, jangan lupa ganti pakaian yang kering yaa… supaya tidak kena hipotermia, angin di atas gunung beda dengan angin di bawah.

Bawa turun sampahmu yaa, jangan buang apa² sembarangan walaupun hanya sekedar biji buah²an karena dapat merubah ekosistem yang ada.

Camera 360

tips:

sekecil atau setinggi apapun… naik gunung jangan berbicara kasar, hormati yaaa… jangan lupa bawa air minum dan p3k atau obat²an standar seperti minyak kayu putih atau apalah. Jangan tinggalkan temanmu lebih dari 1 pos pemberhentian.

Camera 360

melakukan tindakan kepada pendaki lain yang berbaring sendiri di pinggir jalan dengan kaki luka, dia ditinggal jauh oleh rombongannya, ckckck

mau mulai nanjak pagi? malamnya mau nginep tapi tanpa bawa atau sewa tenda? nginep di warung mang idi aja di parkiran, per orangnya cuma 5ribu rupiah, tempatnya bersih, bantalnya banyak, makanan 24 jam, kamar kecil cewe cowo terpisah & mushola tersedia.

air_panas_gede_pangrango_cianjur_25

sampai jumpa lagi di cibodas 🙂

12 curug terindah di jawa barat

12… ehh… 19 deh…

Ternyata banyak juga yaa air terjun di jawa barat yg tidak terlalu jauh dari Jakarta, inilah 19 diantaranya yang ter”oke” berdasarkan penilaian penulis pribadi. hmm… langsung aja yaa… 🙂

19. curug sawer – sukabumi

komplit. curug.. danau… hutan pinus… benar² komplit.

foto orang dari belakang dengan pemandangan

sumber foto

18. leuwi hejo & curug barong – Bogor

tosca. beneran tosca. tapi saat mulai hujan sebaiknya buru² udahan yaa… karena air akan berubah menjadi coklat, deras dan berbahaya.

leuwi hejo 40

sumber foto

17. curug cipurut – Purwakarta

curugnya sih biasa aja, tapi dinginnya luar biasa, dan pemandangan di curugnya benar² alami.

curug_terindah_di_jawa_barat_cipurut

sumber foto

16. curug ciherang – Bogor

ciherang itu.. curug yang ada rumah pohonnya, bening dan dingin airnya. nyesel deh kalo jauh² kesana tapi ngga berenang.

curug_ciherang_01

sumber foto

15. putri kencana – Bogor

1 tiket dapat 5 curug. ajib.

IMG_20151128_152955

sumber foto

14. curug sawung (curug nangka) – Bogor

di curug nangka ada beberapa curug, nah ini salah satunya.

curug_terindah_di_jawa_barat_sawung

sumber foto

13. curug ciampea – bogor

keren kan? bening kan? dinginnya… jangan ditanya… wiiihh…

curug_ciampea_instagram

sumber foto

12. curug cilember – Bogor

disebut juga curug 7, yapp.. curugnya ada 7.

curug_terindah_di_jawa_barat_cilember

sumber foto

11. air terjun panas – (perbatasan Bogor / Sukabumi / Cianjur)

jalan kakinya 4 jam gaess… capenya bakalan ilang setelah kita berendam di kolam air panasnya. asek asek.

Camera 360

sumber foto

10. curug bibijilan – Sukabumi

asik nih untuk dipanjat², ngga licin, teksturnya seperti karang / kapur. sumber airnya berasal dari sungai² di goa² bawah tanah yang muncul ke permukaan. bibijilan artinya bermunculan.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_bibijilan

sumber foto atau curug bibijilan goa buniayu

9. curug cimahi – Bandung

disebut juga curug pelangi, karena kalau malam ada lampu warna-warninya.

curug_terindah_di_jawa_barat_cimahi

sumber foto

8. curug lalay & pengantin + greencanyon – (perbatasan Karawang / Bogor)

susuri sungainya… banyak curug yang didapat.

next_trip_green_canyon

7. curug kembar – Sukabumi

tapi curug ini belum dibuka untuk umum oleh TNGP… jadinya… masih rahasia. menuju kesana kita harus menuruni tebing berpegangan pada ranting² pohon.

curug_terindah_di_jawa_barat_kembar_sukabumi

sumber foto

6. air terjun cibereum – (Cianjur / Bogor / Sukabumi)

nikmati udara pegunungan sampai ke curugnya, jalan kakinya 1 jam santai, trek bagus dan mudah.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_cibereum

sumber foto

5. curug hordeng & curug kembar – Bogor

mobil agak susah, kesini harus naik motor gaess… tapi luar biasa keren…

curug_hordeng_04

sumber foto

4. curug bidadari – Bogor

curugnya udah kelihatan dari parkiran mobil, jadi bisa ajak kakek nenek deh…

bidadari_04

sumber foto

3. curug malela – Bandung

siapkan perbekalan yang cukup yaa, pasti lapar kalau jalan kesana.

curug_terindah_di_jawa_barat_malela

sumber foto

2. curug luhur – Bogor

tempatnya agak berantakan, tiket mahal, banyak warung, tapi curugnya bagus. banget.

curug_terindah_di_jawa_barat_luhur

sumber foto

1. curug cikaso – Sukabumi

bisa jalan kaki susuri sawah, bisa juga naik perahu di sungai yg warnanya tosca. keren banget deh.

cikaso_04

sumber foto

 

… 19 pun sepertinya masih kurang… masih banyak lagi air terjun cantik terutama di kaki gunung salak yang masuk wilayah administrasi banten, semisal curug cihear dsb, dan juga curug² yang ada di cianjur misal curug cikondang yang ada di tengah sawah atau curug citambur yang suaranya menggetarkan jantung. Penulis belum berkesempatan berkunjung kesana karena keterbatasan akomodasi.

Pantai Karang Hawu

Dalam perjalanan dari Pelabuhan Ratu menuju desa Sawarna, saat melalui daerah Cisolok, kita akan disuguhkan sebuah pantai yang oke untuk foto², namina pantai Karang Hawu.

karang_hawu_01

karang_hawu_02

foto bersama ratu pantai selatan (shanty, my best friend in there)

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOLYMPUS DIGITAL CAMERA

Parkiran cukup luas dan gratis, dengan aneka jajanan membuat pantai ini asik juga untuk tempat ngobrol-ngobrol atau tempat janjian ketemuan. Ciye ciyeee yang ketemuaaann… ehm ehm… ehh.

karang_hawu_05 karang_hawu_07karang_hawu_08karang_hawu_06

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPasir dan airnya yang bersih, nyaman untuk main-main air.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ditambah lagi dengan bukit karang yang tak hentinya terhantam ombak dari laut lepas, obyek foto yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. yo’i kan?

Sudah berkali-kali kita mencoba foto dengan latar belakang siraman ombak, hasilnya gagal, dan akhirnya… minta tolong juga deh sama bapak² tukang foto keliling yang tadi dari awalnya udah nawarin kita haha, sekali jepret langsung berhasil wkwkwkwk… emang lain kalau sudah ahlinya, harganya pun cuma 10ribu perlembar, wow.

karang_hawu_15

hasil jepretan fotografer keliling yang baik hati, bijaksana, dan tidak sombong.

* adin – ari – toni – mia – firman – vika – ridho

* angga lagi bobo ganteng di mobil, maklum antar kota antar propinsi hhe

karang_hawu_16

karang berbentuk hawu (hawu dlm bahasa sunda = kompor tungku yang terbuat dari batu)

Pantai Karang Hawu ini umumnya akan ramai pada malam jumat, ada satu bagian yang dikhususkan sebagai tempat menabur bunga untuk Ratu Pantai Selatan.

Kalau lewat sini mampir yaaa 😉

bonus dibuang sayang:

pemandangan teluk Pelabuhan Ratu dari atas bukit saat perjalanan dari jakarta melalui cikidang, kata temanku namanya bukit senyum  hhi namanya lucu yaa

  karang_hawu_19

 

sunrise yang hangat di Taman Nasional gunung Gede Pangrango

wisata jabodetabek

Mau naik gunung tapi ngga mau ambil cuti? Atau cuma sekedar ingin main di air terjun lalu pulang? oooowwhh ke sini aja, dekat dari jakarta, kalau naik kendaraan melalui jalur puncak akan ada plang besar bertuliskan taman cibodas. Naaah itu dia, beloklah di sana, naik ke atas. Kendaraan umum angkot carry warna biru pun ada 24 jam untuk mengantarkan kita ke taman cibodas.

cibodas gede pangrango 01 cibodas gede pangrango 02

* menginap di warung cibodas atas (parkiran mobil)

Kalau mau naik gunung sampai puncaknya yang enak sih berangkat jumat malam, lalu numpang tidur di warung mami atau warung mang idi di dekat parkiran mobil (murah meriah cuma 5ribu perorang sudah termasuk bantal), makan malam jangan lupa biar anget perutnya, lalu besok paginya setelah sarapan jam 8 pagi mulai deh naik, sampai di kawah kira-kira jam 6 sore, buka tenda, tidur, foto-foto sunrise di puncak, sarapan lagi lalu turun. Ngga perlu cuti kan?

cibodas gede pangrango 03

titik “nol” km

cibodas gede pangrango 04

* posko pendaftaran (tiket untuk ke puncak berbeda dengan tiket sekedar ke air terjun)

cibodas gede pangrango 05 cibodas gede pangrango 06

* telaga biru, tempat yang masih dianggap mistis di waktu malam. berani lewat sini di malam hari?

  * air terjun cibeureum

cibodas gede pangrango 10

rawa denok, dulunya kayu loohh

   * hutan

cibodas gede pangrango 14 cibodas gede pangrango 15

* air terjun panas jatuh dari kiri atas, melewati kaki kita, lalu terjun lagi di jurang sebelah kanan kita, jangan minum dari air ini yaa… mengandung belerang

cibodas gede pangrango 16

* kandang badak, sempatkan beristirahat sejenak dan isi jerrycan ambil perbekalan air segar di sini, mayoritas pendaki mendirikan tenda di kandang batu atau kandang badak lalu melanjutkan perjalanan ke puncak saat pagi buta, tapi tidak dengan kita, kita ingin ngecamp di atas aja.

cibodas gede pangrango 17 cibodas gede pangrango 18

* tanjakan rantai, dulunya rantai dan lebih sulit, sekarang sudah pakai tali plastik dan tanjakannya sudah lebih mudah dan aman.

cibodas gede pangrango 19 cibodas gede pangrango 20  cibodas gede pangrango 21

* sampai deh… di kawah… diriin tenda, ngobrol curhat-curhatan sampai malam, tidur deh. met bobo yaa… jangan lupa bangun pagi menyapa mentari

Itulah sebabnya banyak yang bilang “kalau mau belajar naik gunung ya ke gunung gede aja” hmm… kalau menurutku itu salah besar. Memang gunung gede dan pangrango banyak menyuguhkan hiburan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk naik ke puncaknya dibandingkan dengan gunung-gunung yang lain, gunung di film 5cm misalnya. Tapi jangan salah dulu… walaupun singkat tapi jarang sekali ada medan datarnya, iya kan?

cibodas gede pangrango 22

sunrise datang… narsis yuukss

agak siang dikit… jadinya…

cibodas gede pangrango 26cibodas gede pangrango 27cibodas gede pangrango 28

lebih siang lagi jadinya…

cibodas gede pangrango 29cibodas gede pangrango 30cibodas gede pangrango 31cibodas gede pangrango 32

lebih siang lagiiii nanana

cibodas gede pangrango 33cibodas gede pangrango 34cibodas gede pangrango 35cibodas gede pangrango 36

lanjut sampe abis baterenyaa

 

* foto-foto di kawah

cibodas gede pangrango 43 cibodas gede pangrango 44

* sarapan seadanya + menunggu akang tukang nasi uduk yang lewat, serius!! agak siang ada yang jual nasi uduk keliling ^_^

cibodas gede pangrango 45

* menjemur pakaian dan sleepingbag

cibodas gede pangrango 46 cibodas gede pangrango 47 cibodas gede pangrango 48 cibodas gede pangrango 49 cibodas gede pangrango 50

* bersiap untuk pulang

Bagiku gunung tetaplah gunung, biar bagaimanapun kita harus menghormatinya, menjaga kelestariannya, dan tidak berbicara yang macam-macam saat berkunjung ke sana. Jangan bunuh apapun kecuali waktu, Jangan ambil apapun kecuali gambar, Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki.

cibodas gede pangrango 51 cibodas gede pangrango 52

* kumpulkan sampah yang ditinggalkan pendaki lain yang katanya sih PENCINTA ALAM

cibodas gede pangrango 53

Target kita bukan mencapai puncak secepat-cepatnya, tetapi zero accident, pulang ke rumah dalam keadaan selamat tanpa kurang satu apapun. Bila ada teman yang tidak sanggup, lebih baik turun tidak perlu memaksakan sampai di atas. Walaupun selalu berjalan terpisah tetapi ingatlah untuk selalu tunggu-menunggu di tiap pos yang ada, jangan tinggalkan teman lebih dari 1 pos pemberhentian.

Salam lestari.

Previous Older Entries