Candi Batujaya, bukti peradaban kerajaan Tarumanegara, cikal bakal tataran sunda

wije, bekasi karawang via tarumajaya sungai citarum, 2017-07-15

Okey sobat trip… kali ini kita ngulik BSD yaa… Bekasi Sonoan Dikit. xixixi.

Ada yang tau lego? pernah main lego kan? naaah di tataran sunda teknologi knockdown seperti lego itu sudah ada sejak tahun 300 M, sejak zaman “Tolomo Kingdom” atau kita mengenalnya dengan zaman Kerajaan Tarumanegara. Tapi lego pada masa itu terbuat dari bata merah khusus yang awet hingga saat ini, bukan dari plastik yaaa.

candi batujaya bekasi karawang 2

lego & hotwheels hhe 1 paket

dihh,,, ngga percaya kalau di bekasi tepatnya di pinggiran karawang ada candi? nah ini buktinyaa… dulu karawang itu pusatnya nusantara gaess… pelabuhan terbesar ada di sana, dan kerajaan Tolomo pun sudah terkenal sampai ke dataran cina gaess.

Area cakupan kekuasaan kerajaan Tarumanegara itu meliputi jabodetabek, serang banten, purbalingga jawa tengah (rada² ngapak sunda jawa), bahkan sampai ke sumatera (sriwijaya). Dapat dibuktikan dengan batu² prasasti yang ditemukan di daerah² tersebut dengan stempel kaki khas raja Mulawarman (Purnawarman).

Warman sendiri memiliki arti Shield / raja pelindung gaess.. keren kan?

candi batujaya bekasi karawang 4

es doger dulu lah yaa

Yap!!! candinya di tengah pesawahan gituuu… jgn lupa bawa payung or kicimiti hitam yaa… soalnya sayang banget kalau ngga narsis, keren deh pokoknya buat foto ige mah (*baca: instagram).

tanah yang berbukit² ngga sengaja dicangkulin sama petani… gaclok… gaclok… tuk tuk apa nih? bata? geser dikit… gaclok lagi.. ada bata lagi hhe… wow ternyata ada candiii xixixi.

Ada sekitar 20 lebih bangunan candi yang sudah ditemukan, tapi baru 2 yang direkonstruksi sempurna yaitu candi jiwa dan candi blandongan. Selebihnya masih dalam tahap pengerjaan, dikerjainnya kalau musim panas aja nunggu ngga ada airnya, wow ngga sabar pengen lihat hasilnya. ehh tapi harus sabar deh.. kalau ngga sabar nanti disuruh ikut gali loh… hho.

hmm… narsis dulu yukss…

selain melihat candi, kita juga bisa melihat benda² bersejarah peninggalan kerajaan Tarumanegara di dalam museumnya loh… ada aneka keramik dan juga senjata meriam kuno mirip di film² bajak laut hho.

eh iyaaa special thanks nih untuk anak² UNINDRA jurusan sejarah yg udah hepi bareng seharian. Ternyata kuliah sejarah di UNINDRA itu asik ya? jalan² muyuuu… xixixi… smoga cepet pada lulus dan jadi guru² teladan yaaa… aamiin.

 

lihat videonya yukss ahahaha

 

adin anaphalis for wije

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: