situ (danau) jatijajar, hidden forest in depok city

wije, 2017-05-06

Lihat di google maps ada hijau² yang luas di pinggiran situ jatijajar, hmm… bikin kepo. hari sabtu tiba, langsung berangkat bawa perlengkapan lenong. ehh dahsyattt… ada hutannya. Ngga nyangka gaesss… ada hutan lindung disini.

Burung² berkicau… sejuk di hati.

Ticket free, parking free, fishing free, bird sound free, fresh air free… GRATIS!!! yang bayar cuma perahu bebeknya aja. fasilitas pun komplit, kamar mandi, mushola, ada.

Jalan menuju hutan melewati setapak di ujung mushola, so bebas dari roda dua, asiknyaaa!!! selain itu di hutan juga dilarang merokok, ini diaa aku suka banget nih peraturan begini, fresh air gaess. Eh iyaa yang ngga suka hutan, mungkin karena takut nyamuk, atau jones yang takut dinyamukin juga.. hhe.. ada jalan conblock di pinggiran danau juga koq, jadi ngga perlu masuk hutan untuk mengelilingi danaunya.

Situ ini tergolong sepi sekali, jarang orang yang masuk sampai ke dalamnya, bahkan hanya beberapa orang saja yang naik perahu bebeknya, dan itupun mayoritas warga sekitar situ.

Setahun sekali di situ ini ada panen raya ikan di danau yang tengahnya, sementara di danau yang pinggir beberapa bulan sekali diadakan lomba mancing. Di danau yang tengah mancing gratis tapi tidak boleh dijala, kalau danau yang pinggir jangan dipancing yaa, itu untuk acara lomba.

—-*angkutan umum*—-

situ ini masuk gangnya ngga jauh dari jalan raya bogor gaess.. jadi bisalah naik miniarta jurusan Rambutan-Bogor. Letaknya ngga jauh dari simpangan depok ke arah bogor, pokoknya kalau sudah melewati taman eskrim woody berarti tinggal beberapa puluh meter aja deh, nyeberangin sungai ciliwung yaa.

—-*wisata religi*—

Pada waktu-waktu tertentu mushola situ ini ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. Dulunya danau ini bernama “keramat situ” dan dijadikan nama mushola “al karomah”, disini merupakan tempat bertafakur bagi para pejuang Islam pada zaman belanda, selain itu juga tempat berpusatnya penyebaran agama islam di wilayah depok pada zaman dahulu kala. Dan ada satu makam penyebar agama islam disini, makamnya tanpa nama sesuai pesan terakhir beliau. Jangan lupa mampir doakan ya gaess…

Terimakasih pemerintah kota depok, lestarikan hutan kitaa.

^_^

lihat videonya yuuukkss

Studio Alam TVRI Depok, udah tau beluuum? ternyata ada juga yaa tempat selfie² begini di depok

wisata jabodetabek, 25 februari 2017

akhirnyaaa… kita ngulik kota belimbing.. yess!!! sekarang kalau main ke depok udah ngga bingung lagi mau kemana, ada studio alam TVRI gaeeessss!! hho hho asli masih sepi tempatnya, jarang ada yang tau ternyata ada tempat asik gini di depok, sepiiii… teduuuhh… yang main di mari cuma akamse kayanya (anak kampung sekitar) xixixi…

studio-alam-tvri-2

ada danau, rumah pohon, hutan pinus, hutan bambu, rumah² kosong yang dulunya untuk syuting film TVRI, arca², masjid juga ada, hmm… mau ngapain aja bisa, selfie-selfian, foto prewedd/prawedd (nulis yang bener gimana ya? xixixi), jalan², duduk², ngadem², curhat², ngerjain tugas sekolah sama temen², mancing gratis, main perahu sepeda, main perang²an pakai paintball, jelajah hutan, camping/berkemah, wowwwww… jajanannya juga murah², kalau mau lebih murah lagi ya bawa minum & rantang dari rumah, gelar tiker, piknik deh hhe

eh iya, motor dan mobil boleh dibawa masuk loooohhh!! asik kan?

di studio alam ini apalagi di bagian hutannya… ngga usah pake kaget ya kalau nanti tiba² ketemu kambing, kerbau, monyet, atau bahkan kuda tanpa ada pemilik jelasnya, jangan anggap mereka binatang liar biasa ya.. mereka itu mantan artis film juga loh 🙂

gambar-orang-dari-belakang-dengan-pemandangan

How to get there? Rute menuju studio alam tvri :

studio alam ini adanya di jl. Raden Saleh, atau dikenal juga dengan nama jl. studio alam.

bisa lewat margonda raya – depok II – raden saleh.

atau bisa lewat pasar rebo – raya bogor – simpangan – raden saleh

naik angkot? how to get there for the angkoters? ciyee angkoters ciyee… ada angkot warna pink yang lewat depan gerbang masuknya, ciyeee pink ciyeee… hho hho ciyus pink. Angkotnya suzuki carry nomor D09 jurusan Terminal Depok – Stasiun Depok Baru – ITC Depok – Tole Iskandar – Raden Saleh – Studio Alam TVRI – Kalimulya – Kampung Sawah.

Harga Tiket Masuk (HTM) ? kita berdua + motor bayar 10ribu aja (sepuluh ribu rupiah), gileee murah amat ya? 2017? 10 ribu? berdua? plus motor? ulalaaa… iseng² tanya anak² ABG yg lagi jalan² di dalam… kata mereka “berdua + motor masuknya 5ribu” ahhhh tepokjidat. lebih murah lagi heu heu hha. Mungkin trik & triknya adalah lepas helm aja kali ya kalau udah masuk gang sebelum pintu gerbang, biar dikasih harga akamse juga xixixi.

kalau mau naik perahu bebek bayarnya 10ribu untuk 20 menit per perahunya, bisa berduaaa… hho… berlima juga bisa, tapi bebeknya menyelam yaaa wkwkwk.

thanks yah, udah mampir membaca tulisan aneh ini. smoga tvri bisa mengembangkan menjadi lebih baik lagi, anyway… terimakasih TVRI karena sudah memberikan fasilitas ini, menjaga paru² kota depok.

Adin Anaphalis – Penulis dengan dompet tipis.

 

 

jangan lupppa.. lihat videonya yaa