Rappeling Curug Cikondang, kamu harus cobaa

wije… cianjur

Curug cikondang… curug yang satu ini termasuk salah satu curug yang wahh… aliran airnya.. anginnya… pemandangannya… hanya sekitar 30 menit dari situs megalitikum gunung padang.

curug cikondang rappeling canyoning 5

cewe aja berani, masa kamu ngga?

selain menikmati pemandangan dan suara deburan airnya… ternyata kita bisa rappeling disana loh… menuruni bebatuannya menggunakan seutas tali sambil basah²an, asik kan?

ketinggiannya 25 meter, jadi dijamin puass!!!

Iklan

Rope Jump Jembatan Lama Rajamandala

wije… desa mandalawangi, perbatasan cianjur & bandung.

Wuuuhuuuuuuuuuuu… terjun dari ketinggian jembatan itu rasanya waaaoooowww… berayun² dengan seutas tali pursik. berasa jadi spiderman hyaaa

rope jump jembatan lama rajamandala 3

Kamu takut yaa? xixixi ngga laah.. ngga seseram yang dibayangkan koq… kan ada kakak² dari CORA yang mendampingi, selain itu juga peralatannya komplit dan safety. Nyoba sekali… sampai di rumah lihat² fotonya.. aduuhh.. jadi bikin pengen balik lagi deh.

Di bawah kita itu sungai citarum, jadi kalau dari jalan raya cianjur – bandung melewati jembatan sungai citarum, lalu ada taman kaligrafi, nah ngga jauh dari sana ada gang masuknya ke desa mandala wangi. cukup search di google maps “Jembatan Lama Rajamandala” aja.

rope jump jembatan lama rajamandala 4

rope jump jembatan lama rajamandala 1

rope jump jembatan lama rajamandala 2

Kalau masih ngga yakin juga, bisa lompat berdua… naah ini juga ada teknik khususnya nih supaya kepala tidak berbenturan.

rope jump jembatan lama rajamandala 7

rope jump jembatan lama rajamandala 5

turunnya dijemput pakai perahu karet, jadi ngga basah. kalau mau basah²an juga boleeeh xixixi.

gimana? asik kan? eh iyaa… jangan lupa, bawa payung & snack hha… lumayan… antri panas²an di tengah jembatan.

ayo buruaaann… kumpulin teman² minimal 10 orang, lalu hubungi deh kakak² di CORA untuk terjun bareng yipppiiiii.

 

 

Air Terjun Panas Cibodas, air terjun unik di perbatasan bogor sukabumi cianjur

wisata jabodetabek, 2015-09-05

Camera 360

hot springs waterfall

Udah pada tau luuuummm??? di cibodas ada air terjun yang airnya panas looh, hmm… mungkin air terjun ini yang jadi cikal bakal nama “cipanas” di daerah puncak ya.. hmm mungkin. Air terjunnya lumayan tinggi, dan di tengah ketinggian air terjun itu (bukan di bawah air terjun dan bukan di atasnya juga) ada jalan setapak yang bisa kita lewati. Gimana, udah kebayang belum? ini diaa keunikan yang cuma ada satu-satunya di Indonesia gaess, atau bahkan mungkin di dunia.

Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) secara administratif masuk ke dalam 3 wilayah yaitu bogor, sukabumi, dan cianjur.

Sebenarnya hari ini kita mau muncak di gunung gede, tapi apalah daya, petugas loket memberitahukan bahwa jalur pendakian sedang ditutup karena musim kemarau extrem. Selain dikhawatirkan terjadi kebakaran hutan, suhu di puncak juga lebih super dingin dari biasanya, jadinya cuma bisa beli tiket ke air terjun aja deh. Ngga usah cedih… cup cup cup… kita campingnya nanti malam di bumi perkemahan aja yaaa…

air_panas_gede_pangrango_cianjur_01

Camera 360

tiket air terjun Rp.18.500,- sore harus turun, ngga boleh ngecamp pakai tiket ini.

Memulai km “Nol” dari jalur cibodas, kita disuguhkan jalur yang nyaman, udara yang fresh, melewati telaga biru… hhmmmm… suara burung dan penampakan hewan² yang langka kadang masih bisa kita lihat di hutan lindung TNGP ini.

Camera 360

belalang ranting, udah pernah lihat lum?

Dan akhirnya tibalah di persimpangan yang bikin labil… yep, pos panyangcangan. heu heu… pilih mana… air terjun “keren” cibereum yang pastinya bakalan penuh hari ini… atau air terjun panas yang masih 2 jam perjalanan lagi… hha. (2 jam karena kita bawa beban berat peralatan tempur di punggung yaaa, ganti²an, tunggu²an… nobody left behind).

air_panas_gede_pangrango_cianjur_13

pilihan sulit…

Okelah karena memang dari awalnya kita membawa rekan² untuk “pengalaman pertama” nya mendaki gunung, baiklaaahh suara terbanyak adalah ke air panas, ke cibereum nanti aja turunnya kalau memang masih ada waktu tersisa. Dan… here we are.

air jatuh dari kiri atas, airnya menyeberangi jalan setapak berbatu selebar kira² 2meter lalu terjun lagi deh ke kanan, sensasinya woww!! ayo kita lewati… berani kan? dasarnya ngga kelihatan, jalannya jangan terlalu di pinggir yaa..

berendam di kolam air panas sebelah air terjun aahh… yakuzi sehat ala ala gitu deh hha asiknya. sambil antri pijat kaki ohohoho… terasa di halaman belakang rumah sendiri brooohh!! eh iya, airnya jangan diminum yaa… mengandung belerang

Abis berendam enaknya ngopi² sambil masak mi instan hha, eh iyaa setelah selesai berendam, jangan lupa ganti pakaian yang kering yaa… supaya tidak kena hipotermia, angin di atas gunung beda dengan angin di bawah.

Bawa turun sampahmu yaa, jangan buang apa² sembarangan walaupun hanya sekedar biji buah²an karena dapat merubah ekosistem yang ada.

Camera 360

tips:

sekecil atau setinggi apapun… naik gunung jangan berbicara kasar, hormati yaaa… jangan lupa bawa air minum dan p3k atau obat²an standar seperti minyak kayu putih atau apalah. Jangan tinggalkan temanmu lebih dari 1 pos pemberhentian.

Camera 360

melakukan tindakan kepada pendaki lain yang berbaring sendiri di pinggir jalan dengan kaki luka, dia ditinggal jauh oleh rombongannya, ckckck

mau mulai nanjak pagi? malamnya mau nginep tapi tanpa bawa atau sewa tenda? nginep di warung mang idi aja di parkiran, per orangnya cuma 5ribu rupiah, tempatnya bersih, bantalnya banyak, makanan 24 jam, kamar kecil cewe cowo terpisah & mushola tersedia.

air_panas_gede_pangrango_cianjur_25

sampai jumpa lagi di cibodas 🙂

12 curug terindah di jawa barat

12… ehh… 20 deh…

Ternyata banyak juga yaa air terjun di jawa barat yg tidak terlalu jauh dari Jakarta, inilah 20 diantaranya yang ter”oke” berdasarkan penilaian penulis pribadi. hmm… langsung aja yaa… 🙂

20. curug lembah pelangi – bogor

sebenernya masih shock juga sih, ngga percaya ada wisata cuma bayar 5ribu kita bisa nikmatin 3 curug, udah gitu letaknya ngga jauh dari IPB dramaga, bisa dicapai naik kendaraan umum 1x dari jakarta pula…

Curug Lembah Pelangi photogrid

sumber foto

19. curug sawer – sukabumi

komplit. curug.. danau… hutan pinus… benar² komplit.

foto orang dari belakang dengan pemandangan

sumber foto

18. leuwi hejo & curug barong – Bogor

tosca. beneran tosca. tapi saat mulai hujan sebaiknya buru² udahan yaa… karena air akan berubah menjadi coklat, deras dan berbahaya.

leuwi hejo 40

sumber foto

17. curug cipurut – Purwakarta

curugnya sih biasa aja, tapi dinginnya luar biasa, dan pemandangan di curugnya benar² alami.

curug_terindah_di_jawa_barat_cipurut

sumber foto

16. curug ciherang – Bogor

ciherang itu.. curug yang ada rumah pohonnya, bening dan dingin airnya. nyesel deh kalo jauh² kesana tapi ngga berenang.

curug_ciherang_01

sumber foto

15. putri kencana – Bogor

1 tiket dapat 5 curug. ajib.

IMG_20151128_152955

sumber foto

14. curug sawung (curug nangka) – Bogor

di curug nangka ada beberapa curug, nah ini salah satunya.

curug_terindah_di_jawa_barat_sawung

sumber foto

13. curug ciampea – bogor

keren kan? bening kan? dinginnya… jangan ditanya… wiiihh…

curug_ciampea_instagram

sumber foto

12. curug cilember – Bogor

disebut juga curug 7, yapp.. curugnya ada 7.

curug_terindah_di_jawa_barat_cilember

sumber foto

11. air terjun panas – (perbatasan Bogor / Sukabumi / Cianjur)

jalan kakinya 4 jam gaess… capenya bakalan ilang setelah kita berendam di kolam air panasnya. asek asek.

Camera 360

sumber foto

10. curug bibijilan – Sukabumi

asik nih untuk dipanjat², ngga licin, teksturnya seperti karang / kapur. sumber airnya berasal dari sungai² di goa² bawah tanah yang muncul ke permukaan. bibijilan artinya bermunculan.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_bibijilan

sumber foto atau curug bibijilan goa buniayu

9. curug cimahi – Bandung

disebut juga curug pelangi, karena kalau malam ada lampu warna-warninya.

curug_terindah_di_jawa_barat_cimahi

sumber foto

8. curug lalay & pengantin + greencanyon – (perbatasan Karawang / Bogor)

susuri sungainya… banyak curug yang didapat.

next_trip_green_canyon

7. curug kembar – Sukabumi

tapi curug ini belum dibuka untuk umum oleh TNGP… jadinya… masih rahasia. menuju kesana kita harus menuruni tebing berpegangan pada ranting² pohon.

curug_terindah_di_jawa_barat_kembar_sukabumi

sumber foto

6. air terjun cibereum – (Cianjur / Bogor / Sukabumi)

nikmati udara pegunungan sampai ke curugnya, jalan kakinya 1 jam santai, trek bagus dan mudah.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_cibereum

sumber foto

5. curug hordeng & curug kembar – Bogor

mobil agak susah, kesini harus naik motor gaess… tapi luar biasa keren…

curug_hordeng_04

sumber foto

4. curug bidadari – Bogor

curugnya udah kelihatan dari parkiran mobil, jadi bisa ajak kakek nenek deh…

bidadari_04

sumber foto

3. curug malela – Bandung

siapkan perbekalan yang cukup yaa, pasti lapar kalau jalan kesana.

curug_terindah_di_jawa_barat_malela

sumber foto

2. curug luhur – Bogor

tempatnya agak berantakan, tiket mahal, banyak warung, tapi curugnya bagus. banget.

curug_terindah_di_jawa_barat_luhur

sumber foto

1. curug cikaso – Sukabumi

bisa jalan kaki susuri sawah, bisa juga naik perahu di sungai yg warnanya tosca. keren banget deh.

cikaso_04

sumber foto

 

… 20 pun sepertinya masih kurang… masih banyak lagi air terjun cantik terutama di kaki gunung salak yang masuk wilayah administrasi banten, semisal curug cihear dsb, dan juga curug² yang ada di cianjur misal curug cikondang yang ada di tengah sawah atau curug citambur yang suaranya menggetarkan jantung. Penulis belum berkesempatan berkunjung kesana karena keterbatasan akomodasi.

sunrise yang hangat di Taman Nasional gunung Gede Pangrango

wisata jabodetabek

Mau naik gunung tapi ngga mau ambil cuti? Atau cuma sekedar ingin main di air terjun lalu pulang? oooowwhh ke sini aja, dekat dari jakarta, kalau naik kendaraan melalui jalur puncak akan ada plang besar bertuliskan taman cibodas. Naaah itu dia, beloklah di sana, naik ke atas. Kendaraan umum angkot carry warna biru pun ada 24 jam untuk mengantarkan kita ke taman cibodas.

cibodas gede pangrango 01 cibodas gede pangrango 02

* menginap di warung cibodas atas (parkiran mobil)

Kalau mau naik gunung sampai puncaknya yang enak sih berangkat jumat malam, lalu numpang tidur di warung mami atau warung mang idi di dekat parkiran mobil (murah meriah cuma 5ribu perorang sudah termasuk bantal), makan malam jangan lupa biar anget perutnya, lalu besok paginya setelah sarapan jam 8 pagi mulai deh naik, sampai di kawah kira-kira jam 6 sore, buka tenda, tidur, foto-foto sunrise di puncak, sarapan lagi lalu turun. Ngga perlu cuti kan?

cibodas gede pangrango 03

titik “nol” km

cibodas gede pangrango 04

* posko pendaftaran (tiket untuk ke puncak berbeda dengan tiket sekedar ke air terjun)

cibodas gede pangrango 05 cibodas gede pangrango 06

* telaga biru, tempat yang masih dianggap mistis di waktu malam. berani lewat sini di malam hari?

  * air terjun cibeureum

cibodas gede pangrango 10

rawa denok, dulunya kayu loohh

   * hutan

cibodas gede pangrango 14 cibodas gede pangrango 15

* air terjun panas jatuh dari kiri atas, melewati kaki kita, lalu terjun lagi di jurang sebelah kanan kita, jangan minum dari air ini yaa… mengandung belerang

cibodas gede pangrango 16

* kandang badak, sempatkan beristirahat sejenak dan isi jerrycan ambil perbekalan air segar di sini, mayoritas pendaki mendirikan tenda di kandang batu atau kandang badak lalu melanjutkan perjalanan ke puncak saat pagi buta, tapi tidak dengan kita, kita ingin ngecamp di atas aja.

cibodas gede pangrango 17 cibodas gede pangrango 18

* tanjakan rantai, dulunya rantai dan lebih sulit, sekarang sudah pakai tali plastik dan tanjakannya sudah lebih mudah dan aman.

cibodas gede pangrango 19 cibodas gede pangrango 20  cibodas gede pangrango 21

* sampai deh… di kawah… diriin tenda, ngobrol curhat-curhatan sampai malam, tidur deh. met bobo yaa… jangan lupa bangun pagi menyapa mentari

Itulah sebabnya banyak yang bilang “kalau mau belajar naik gunung ya ke gunung gede aja” hmm… kalau menurutku itu salah besar. Memang gunung gede dan pangrango banyak menyuguhkan hiburan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk naik ke puncaknya dibandingkan dengan gunung-gunung yang lain, gunung di film 5cm misalnya. Tapi jangan salah dulu… walaupun singkat tapi jarang sekali ada medan datarnya, iya kan?

cibodas gede pangrango 22

sunrise datang… narsis yuukss

agak siang dikit… jadinya…

cibodas gede pangrango 26cibodas gede pangrango 27cibodas gede pangrango 28

lebih siang lagi jadinya…

cibodas gede pangrango 29cibodas gede pangrango 30cibodas gede pangrango 31cibodas gede pangrango 32

lebih siang lagiiii nanana

cibodas gede pangrango 33cibodas gede pangrango 34cibodas gede pangrango 35cibodas gede pangrango 36

lanjut sampe abis baterenyaa

 

* foto-foto di kawah

cibodas gede pangrango 43 cibodas gede pangrango 44

* sarapan seadanya + menunggu akang tukang nasi uduk yang lewat, serius!! agak siang ada yang jual nasi uduk keliling ^_^

cibodas gede pangrango 45

* menjemur pakaian dan sleepingbag

cibodas gede pangrango 46 cibodas gede pangrango 47 cibodas gede pangrango 48 cibodas gede pangrango 49 cibodas gede pangrango 50

* bersiap untuk pulang

Bagiku gunung tetaplah gunung, biar bagaimanapun kita harus menghormatinya, menjaga kelestariannya, dan tidak berbicara yang macam-macam saat berkunjung ke sana. Jangan bunuh apapun kecuali waktu, Jangan ambil apapun kecuali gambar, Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki.

cibodas gede pangrango 51 cibodas gede pangrango 52

* kumpulkan sampah yang ditinggalkan pendaki lain yang katanya sih PENCINTA ALAM

cibodas gede pangrango 53

Target kita bukan mencapai puncak secepat-cepatnya, tetapi zero accident, pulang ke rumah dalam keadaan selamat tanpa kurang satu apapun. Bila ada teman yang tidak sanggup, lebih baik turun tidak perlu memaksakan sampai di atas. Walaupun selalu berjalan terpisah tetapi ingatlah untuk selalu tunggu-menunggu di tiap pos yang ada, jangan tinggalkan teman lebih dari 1 pos pemberhentian.

Salam lestari.

Situs Megalithikum Gunung Padang – Cianjur

wisata jabodetabek

Sabtu, 15 Nov 2014

Kemana kitaaa??? Cianjur yuuk?? Kemarin di tivi lihat ada sebuah gunung yang dibongkar di area cianjur, ternyata ada situs megalithikum disana, waaaah jadi penasaran… walaupun musim hujan tidak mampu mengalahkan dan membuat rasa penasaran kita hilang, naik motor aaahh, iseng-iseng boncengan berdua teman berangkat kesana.

IMG_20141115_155029 IMG_20141115_153441

Untuk mencari lokasinya juga tidak terlalu sulit, bila dari jakarta bisa melalui puncak hingga cianjur, perempatan cianjur ambil ke arah kanan menuju sukabumi (Jl KH R Abdullah Bin Nuh -> Raya Sukabumi Sukatani -> Raya Sukabumi Cianjur)… ikuti saja jalannya nanti ada gang di sisi kiri jalan yang ada pangkalan ojek dan plang papan petunjuk menuju stasiun lampegan, kalau sudah sampai sukabumi berarti sudah terlewat gangnya hha. masuk gang itu yaaa… kalau sudah di gang itu tinggal ikuti saja jalannya, lewati pemukiman penduduk, lewati stasiun lampegan, perbukitan, perkebunan teh, terus ikuti papan petunjuk yang ada. Gampang koook ..^_^.. (lokasi situs kurang lebih 2 jam dari perempatan cianjur atau 1 1/2 jam bila dihitung dari masuk gang).

IMG_20141115_122658 IMG_20141115_132835

Sesampainya di sana, tangga-tangga kecil menggoda kita berjalan kaki dari pintu loket menuju peninggalan nenek moyang zaman batu besar di situs megalithikum Gunung Padang siang ini. Hanya 5 menit kita sudah sampai di atas, anak2 tangga sudah dipugar dan diberi pegangan tangan sehingga anak kecil dan kakek nenek pun bisa dgn mudah melaluinya.

IMG_20141115_140407 IMG_20141115_140607

IMG_20141115_140836 IMG_20141115_142439

IMG_20141115_150149 IMG_20141115_150222

Ayoo masuk ke dalaaam… siapkan hape, kita foto-foto lagii hha

IMG_20141115_150701 IMG_20141115_145846

Udara yg sejuk dan segar sangat terasa di tempat ini, padahal kita sampai disana itu jam 2 siang looh. Ada larangan makan di atas sana, jadi sebaiknya sebelum masuk loket teman² yang ingin makan atau ngopi² silahkan mampir ke warung. Di dekat loket banyak warung dan juga tempat beristirahat, mushola, kamar kecil, dikelola oleh warga sekitar, dan tidak mahal tentunya, yesss.

Eh iya, nanti saat di atas dilarang makan, kecuali rujak hha, di atas ternyata banyak tukang rujak, tapiiii tetap jaga kebersihan ya teman²…

IMG_20141115_150121 IMG_20141115_150315

IMG_20141115_142804 IMG_20141115_143632-1

IMG_20141115_144900-3 IMG_20141115_144857-2

IMG_20141115_143826 IMG_20141115_144504

Di atas ada panggung menara, kita bisa melihat bebas ke bawah, dan bisa juga menjadi tempat berteduh saat hujan. Di sana juga ada beberapa pemandu berseragam hitam yang dengan senang hati akan menjelaskan tentang situs gunung padang ini, bayarnya boleh serela kita, seikhlasnya aja, kata penjaga loket.

IMG_20141115_141802

Pukul 1/2 4 sore terlihat dari kejauhan awan bergerak ke arah kita, waah sepertinya akan hujan, tapi awannya putih, dan ternyata… kabut… waaaauuu, asiknyaaa, tetapi waktu sudah sore, kita harus kembali pulang menuju arah jakarta, baiklaaahh, selamat tinggal gunung padang.

IMG_20141115_151425

Pulang atau perginya sempatkan mampir dulu berfoto-foto di pinggir jalan saat melalui area kebun teh.

IMG_20141115_160456

IMG_20141115_155936 IMG_20141116_061057

Selain itu ada juga terowongan kereta tua di dekat stasiun Lampegan. Terowongan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, untuk mengangkut kopi, teh, palawija dan rempah² hasil tanam paksa ke jakarta. Panjangnya 400m lebih menembus bukit. Jangan lupa untuk berfoto disini yaaa, didepannya saja, jangan masuk ke dalam. Jalur kereta ini sudah lama tidak aktif, namun di 2014 ini kembali aktif untuk menghubungkan bogor – sukabumi – cianjur. Eh iyaa… saat kereta keluar dari terowongan, banyak kelelawar yang ikut keluar dari terowongan hha.

IMG_20141115_161756 IMG_20141115_161921

sampai jumpa di petualangan selanjutnyaa

IMG_20141115_150434

^_^

Hardin

Penulis