Melepas Anak Penyu di Pantai Pangumbahan

wisata jabodetabek, sukabumi, 30 april 2016

Di pantai pangumbahan – ujung genteng sukabumi, terdapat tempat wisata penetasan penyu. Bila pagi hari ada telur² penyu yang menetas, pada sore harinya anak² penyu (tukik) harus dilepas liarkan ke alam bebas.

IMG-20160509-WA0028

turtle babies… anak penyu hijau (tukik)

Untuk HTM nya orang dewasa Rp.10.000,- anak² Rp.5.000,- dan bila tidak terlalu ramai maka tiap-tiap pengunjung diperbolehkan memegang anak penyu untuk dilepaskan. Bila jumlah pengunjungnya banyak, pengunjung hanya diperbolehkan melihat saja saat anak² penyu itu dilepaskan, karena dikhawatirkan ada pengunjung yang membawa pulang anak penyunya.

Pelepasan anak penyu dilakukan setiap hari pukul 17:30 menjelang sunset, tapi sayang sekali bila kita ke pantai pangumbahan tanpa menikmati pantainya, datanglah sejak pagi yaaa… pantainya super private, berasa pantai milik sendiri. Sepi… bersih!!!

Untuk menuju pantai pangumbahan ada dua alternatif. Cara pertama adalah parkir di tempat penetasan penyu, lalu berjalan kaki menyusuri pantainya, sampai di ujungnya kira² 1km. Atau cara kedua adalah menggunakan kendaraan melalui track yg agak offroad dengan beberapa kubangan di beberapa titik yang ada sapinya hha, menggunakan mobil atau motor kurang lebih 5 menit sampai di parkirannya, dari parkiran warung lanjut berjalan kaki tidak sampai 5 menit menyusuri hutan bakau yang sunyi, masih banyak suara burungnya looh. Kereen. lihat videonya yaa…

Suasana pantainya? wiiih jangan ditanya deh… lihat aja videonya… sadis kereeenn!!! di ujung pantai ada kolam setinggi paha orang dewasa, kalau mau berenang di sini ajaa, karena di laut ombaknya super tinggi. Kita juga bisa berfoto dari atas bukit kecil di seberang kolam.

IMG-20160509-WA0000

pantainya luas broooo… bersiiihh… ombaknya mancaaappp

IMG-20160509-WA0017

kolam untuk berenang aman

Waktu yang tepat kembali ke tempat pelepasan penyu adalah sekitar pukul 3 sore, karena kita akan diajak berkeliling terlebih dahulu untuk melihat² dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang penyu.

Sunset pun tiba, kitapun berkumpul untuk melepas anak² penyu bersama². Penyu² itu akan kembali ke pantai pangumbahan ini setelah berumur 25 tahun dan memiliki panjang 1 meter lebih untuk bertelur.

pangumbahan_video

berlomba menuju laut bebas

IMG-20160509-WA0029

menikmati sunset setelah melepas anak penyu

Untuk pengunjung yang ingin melihat penyu raksasa datang dari laut untuk bertelur, dapat mengikuti wisata malam, dewasa Rp. 150 rb, anak² Rp. 50 rb. tetapi jangan berisik dan jangan menggunakan blitz kamera, karena penyu dewasa tidak suka dengan kehadiran manusia dan akibatnya banyak yg akan kembali ke laut tanpa bertelur.

Yuk… ke sukabumi…

watch the video

pangumbahan_video

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: