Curug Saridun Sukamakmur Jonggol

wije, bogor, 2020-07-19

Dan… akhirnya ada juga yang ngajak ke saridun xixixi.. lah hayukss… di saat PSBB begini sebaiknya memang kita keluyurannya ke tempat-tempat yang masih sepi pengunjung aja, ada banyak koq.. sebenarnya tidak terlalu terisolir, karena mobil pun bisa masuk gangnya dan sudah jalan cor-coran, hanya saja belum dikelola jadi belum banyak yang tau. GRATIS cuuyyy!!

Curug yang satu ini masih masuk daerah desa Arca, airnya mengalir dari curug cibeet, sebagai batas antara bogor dan cianjur. Jadi kalau kita dari arah rawa gede kita akan melewati curug ciherang, villa khayangan, curug cipamingkis, curug cisarua, dan curug arca. Naahh nanti di sebelah kiri jalan ada SD Negeri Arca, itu dia jalan masuknya, masuk yuukss… ikuti saja jalannya sampai bertemu pemukiman penduduk yang ada masjid disebelah kanan jalan, masuk deh ke gang masjid, parkir motor titip saja sama bapak ibu yang jaga warung bayar 5ribu saja per motor. Aman.

Dari parkiran kita tinggal menuruni lembah saja ke arah curugnya, melalui tempat penggilingan kopi khas sukamakmur (cocok nih untuk oleh-oleh), dan juga perkebunan warga. Kebun-kebun tersusun secara terasering sampai ke puncak perbukitan, jadi ingat dengan kebun-kebun di dataran tinggi dieng, jangan lupa foto-foto guyz… terutama di kebun bunganya.

Curug Saridun memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, membuat anginnya sangat kencang dan super dingin. Musim kemarau adalah saat yang tepat main kesini, airnya tetap deras dan bening.

Di belakang air terjun terdapat cekungan, dan kita bisa berfoto-foto di belakang air terjunnya, iya, curug yang satu ini bisa dinikmati dari semua sisi, curug 3 dimensi ahahahayy. Asik kan?? Eh iya, jaga kelestariannya yaa teman².. kalau menemukan sampah tolong dibawa naik sampai ke tempat sampah warung. Terimakasih… kamu baik deh.

Tinggalkan komentar