Menara Air Manggarai, latar belakang selfie keren dan unik di Jakarta

Wisata Jabodetabek, 04 Maret 2017

Dari kejauhan di daerah sekitar pasar puteran bukit duri terlihat bangunan tua tinggi menjulang, hmm.. seperti hotel tua dengan sisa² kemegahan teras balkon klasik dan dinding bata merah… atau mercusuar ya? apalagi di waktu sore hari, bata merahnya terlihat wow dari kejauhan. Karena kepo.. roda ini akhirnya menuntun ke sebuah gang dengan nama “jalan Menara Air”.

Oooooowwhh… ternyata menara aiiiirrr… woaaaoooww. isinya? isinya ya air. Memasuki jalan menara air, kurang lebih 10 langkah kaki saja maka di sebelah kiri kita menemukan sebuah gang kecil bertuliskan gang “mushola nurul iman”, ngga kecil² amat laah… 2 gerobak mie ayam bisa lewat berpapasan koq. naaah itu pintu masuknya. Dan warganya pun ramah². “oowh mau foto² ya? parkir di atas aja di mushola” gitu kata mereka. Dulunya bangunan ini sempat dijadikan tempat latihan panjat tebing juga loh.

Menara air ini digosipkan sebagai bangunan tua yang sangat angker, bahkan sampai masuk acara televisi yang pakai ritual-ritual panggil jin segala. hadeeehh… ngga gitu gaess… coba perhatikan ulang foto di atas. Di bagian dinding atasnya aja digunakan sebagai speaker mushola hha. Dan di bawah menara air ini ada mushola Nurul Iman, jangan lupa sholat tahiyatul masjid ya gaess 🙂

Bangunan keren setinggi 30 meter ini merupakan salah satu bangunan “Kereta Api Heritage” (warisan kereta api Indonesia) yang sampai saat ini tetap dilindungi gaess.. di dalamnya terdapat tangga mengelilingi dinding untuk menuju ke atas, tapi pintunya digembok, jadinya kita hanya diperbolehkan berfoto² di luar saja yaa.

Menara air Manggarai ini milik PT. KAI, dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1918. Dulunya… air mengalir tanpa pompa dari bogor (dataran tinggi) melalui pipa menuju menara air memenuhi 2 tangki air yang berada di dalam menara air tersebut. Selanjutnya didistribusikan untuk kepentingan stasiun kereta api Manggarai, disalurkan ke hidran-hidran kota untuk persiapan pemadaman kebakaran, selain untuk penyiraman dan kebutuhan air bersih sekitar manggarai-matraman dan sekitarnya. Kalaupun sekarang masih berfungsi ya kemungkinan hanya digunakan untuk keperluan stasiun manggarai saja.

———————————–

cara ke menara air manggarai naik angkutan umum?

Gang Menara Air ini dilewati angkot warna biru muda nomor 34 jurusan Kalibata – Barkah. melalui rute Kalibata – Perdatam – Pancoran – Tebet – Lapangan Ros – Bukit Duri – Pasar Puteran Bukit Duri – Menara Air – Barkah.

atau naik angkot biru muda JS 03 jurusan Tongtex Jatinegara – Kalibata, turun di pertigaan pasar puteran lanjut jalan kaki ke menara air.

atau bisa naik bajaj aja dari stasiun manggarai. gampang kan?

 

 

eh iya… watch the video

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: