Mangrove Muara Tawar Bekasi, ciyus.. ini beneran di bekasi loh

wisata jabodetabek, jumat, 01 januari 2016

mangrove_muara_tawar_10

iyappp!! jembatan cinta!! hahayy.. pohon cintanya juga ada di hutan mangrove bekasi (semoga beneran akan menjadi hutan… aamiin), bekasi gitu loch 🙂

Selamat tahun baruuuuu… selamat datang 2016, matahari mulai mengintip di ufuk timur, membuat langit menjadi merah keemasan. Tapi sepertinya orang² masih pada tidur setelah berpesta semalaman.

mangrove_muara_tawar_20

Kali ini kita berangkat menuju pesisir bekasi. Masih berbatasan dengan Jakarta Utara. Yep, marunda. What? Bekasi? hha tapi tenang aja, hari ini tidak ada yg namanya wisata macet & sabar… kita ambil jalan yang lancar jaya.

Kalau kita menyusuri jalan cor-coran di tepi Banjir Kanal Timur, di ujung jembatan yang terakhir kita sudah bisa melihat laut jawa. Di jembatan itu kita ambil kanan, setelah mentok pertigaan ambil kiri ke arah PLTGU Muara Tawar di marunda.

Bekasi punya mangrove? di Marunda? hhe iya ternyata beneran ada, kirain cuma mitos aja. Untuk melihat pohon bakau atau mangrove di daerah ini ada 3 spot yang asik, ya silahkan dipilih sesuai selera. ya dipilih ya dipilih… lihat-lihat juga gapapa kakaak…

Yang pertama adalah PAIL satu. Whats the meaning of pail? tanya sama beberapa orang jawabannya sama, sambil geleng² kepala mereka jawab “ya pail aja, bukan singkatan” hha, ternyata itu bahasa inggris pile yang artinya tiang-tiang. Pail 1 adalah saluran pintu air laut yang masuk ke PLTGU muara tawar. Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap. Air laut yang masuk nanti akan dimasak menggunakan gas, dan uapnya akan menggerakkan turbin menghasilkan listrik untuk kota Jakarta Bekasi dan sekitarnya. Tidak menggunakan batu bara, jadinya sangat ramah lingkungan.

Gang masuknya terletak sebelum PLTGU, patokannya adalah masjid ini. koordinat GPS -6.0907274,106.9962657

mangrove_muara_tawar_01

masuk ke gang itu, lurus aja, masyarakat disini banyak yang beternak kerang hijau dan kerang dara (mawar), jadi tidak heran kalau banyak yang menjual kerang segar beserta bumbunya untuk dimasak.

mangrove_muara_tawar_02

sampai bertemu pos ini, masuk aja.

mangrove_muara_tawar_03

lalu dilanjutkan berjalan kaki melipir tembok PLTGU sampai ke belakangnya.

mangrove_muara_tawar_04

Tuh letaknya di bawah menara pos kecil diujung itu (lihat foto di atas). Tapi berhubung tidak ada penjaga parkir kendaraan, kita ngga jadi deh kesananya. haha. tak apalah… lanjut ke alternatif ke dua yaa.. yuk chaw.

Pilihan ke dua adalah Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove. Ikuti jalan raya depan masjid tadi, lewat depannya PLTGU, sampai mentok. Naaah di kanan ada gang kecil masuk pasar ikan, masuk kesana deh motornya. Kalau bawa mobil parkir disini aja, lanjut jalan kaki masuk gang kurang lebih 20 meter aja koq.

mangrove_muara_tawar_05

mangrove_muara_tawar_06

Parkiran motor gabung sama parkiran perahu nelayan, hhi… disini ikan yang dijual benar² fresh hasil tangkapan looohh. Belanja yuk belanjaa…

mangrove_muara_tawar_07

sekarang parkirannya sudah tidak seperti ini lagi, rapih jaliii

*motorku nyempil di sebelah kiri, ada yang lihaat? ayoo beri tanda lingkaran ya kalau ketemu 🙂

mangrove_muara_tawar_08

Welcome… Selamat Datang teman-temaaann. Tiket masuk? gratis. Oh Mai Gottt. Langsung aja ya lihat foto-fotonya.

mangrove_muara_tawar_09

mangrove_muara_tawar_10

selain selfie² di jembatan, kamu bisa juga naik perahu keliling hutan mangrove, seruuu

mangrove_muara_tawar_11mangrove_muara_tawar_12

*ada beberapa papan yg berlogokan PT United Tractor, hmm… terimakasih United Tractor atas penghijauan bekasi ini. ayo dooong adik² sekolah, mahasiswa/i, komunitas² keren… kita tanam mangrove yuuukkss

mangrove_muara_tawar_14mangrove_muara_tawar_13

Okey, gimana? keren kan? sekarang kita lanjut ke option ke 3 yaa… pilihan ke 3 adalah pail 2. Yep. Jalan yang tadi mentok itu, diujungnya, sebelah kiri jalan di belakang tembok PLTGU ada parkiran motornyaa… eh ada warungnya jugaaa.

mangrove_muara_tawar_15mangrove_muara_tawar_16

Parkir motor untuk wisata 2ribu rupiah, parkir motor untuk mancing 5ribu rupiah. Naaah karena ada yang jaga, kita masuk deh hhe… akhirnyaaa. Penasaran sama yang namanya pail.

mangrove_muara_tawar_17

Naaah ini toh yang namanya pail. Disini pail 2. jadi air yang keluar ya air hangat gitu.

mangrove_muara_tawar_18

Ada yang wisata keluarga juga, gelar tiker, makan bareng sambil lihat air, ada juga yang naik-naik rakit. Kalau yang pacaran banyaknya di pail 1, di sini jarang.

mangrove_muara_tawar_19mangrove_muara_tawar_21

di kiri kanan pail ada jalan cor-coran, mau gaya apa aja bebass!! ngapain aja kecuali buang sampah sembarangan, jangan yahh *_^

mangrove_muara_tawar_22mangrove_muara_tawar_24mangrove_muara_tawar_23mangrove_muara_tawar_26

Masih bisa dengar suara burung liar… putih… biru… lihat kepiting… ikan mujahir… bening airnya.

mangrove_muara_tawar_25

mangrove_muara_tawar_27

Di ujungnya banyak yang mancing..

Gimana, keren kaaan?? jempol dulu laah.

mangrove_muara_tawar_28

Tim peliput: Arif – Hardin  (pemuda bekasi)

Terimakasih.

 

jembatan cinta sekarang… jembatannya warna-warni… dan banyak saungnya… bikin makin cintaaa

sumber foto

lihat videonya yukss

Iklan

10 Komentar (+add yours?)

  1. Fadjril Azis
    Sep 26, 2016 @ 02:33:13

    Makasih infonya, langsung cek lokasi ternyata pemandangannya lumayan indah juga lho…

    Balas

  2. nabilah
    Jan 11, 2017 @ 17:09:53

    Kalo dari arah tambun lewat mana ya:D? Mau kesana rencananya minggu

    Balas

    • Adin Anaphalis
      Jan 12, 2017 @ 08:55:27

      tambun – terminal bekasi / kalimalang – jembatan sumarecon – jl muchtar tabrani – jl kaliabang – pertigaan paku – tarumajaya – PLTU muara tawar

      selamat mencoba ya 🙂

      Balas

  3. Ikhsan
    Feb 11, 2017 @ 02:00:49

    dateng lagi mas..tempat udah bnyak perubahan

    Balas

  4. dwi prayitno
    Apr 04, 2017 @ 08:00:59

    Kalo dari arah Cikarang Utara lebih cepat lewat mana ya gan ?

    Balas

    • Adin Anaphalis
      Apr 04, 2017 @ 09:28:35

      terminal cikarang – gramapuri persada – ikutin jalan raya pinggir kali CBL – mentok pertigaan ambil kiri nyeberang sungai cikeas – lalu ambil kanan ke Taruma Jaya (jl Buni Bakti) – ketemu persimpangan lagi ambil kanan lagi arah Taruma Jaya (pertigaan seperti huruf Y), mentok pertigaan ambil kanan arah marunda, luruuuss aja sampai deh. jalanannya sudah cor²an semua.

      Balas

  5. Nurhandayani
    Jun 04, 2017 @ 09:52:12

    Klo naik kendaaraan umum gimna mas naik apa enknya kreta bisa kah?

    Balas

  6. Adin Anaphalis
    Jun 05, 2017 @ 09:14:43

    kereta commuter ada 2 cara:

    1. stasiun tanjung priok.
    turun stasiun tanjung priuk, lanjut naik metromini U23 jurusan tanjungpriok-cilincing atau feeder busway tanjungpriok-rusun marunda turun cilincing, dari cilincing lanjut angkot kecil kwk merah U05 jurusan cilincing-bulak turi, setelah itu lanjut naik ojek 15menit.

    2. stasiun bekasi.
    turun stasiun bekasi, jalan kaki ke pintu perlintasan kereta, naik angkot kecil koasi coklat K15A sampai ujung (pasar bojong lama), setelah itu lanjut naik ojek 10 menit, bilang mau ke mangrove PLTU. kalau ngga mau naik ojek bisa jalan kaki aja santai 1 jam pas (5km dari pasar ke mangrove).

    semoga membantu yaa 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: