Candi Batujaya, bukti peradaban kerajaan Tarumanegara, cikal bakal tataran sunda

wije, bekasi karawang via tarumajaya sungai citarum, 2017-07-15

Okey sobat trip… kali ini kita ngulik BSD yaa… Bekasi Sonoan Dikit. xixixi.

Ada yang tau lego? pernah main lego kan? naaah di tataran sunda teknologi knockdown seperti lego itu sudah ada sejak tahun 300 M, sejak zaman “Tolomo Kingdom” atau kita mengenalnya dengan zaman Kerajaan Tarumanegara. Tapi lego pada masa itu terbuat dari bata merah khusus yang awet hingga saat ini, bukan dari plastik yaaa.

candi batujaya bekasi karawang 2

lego & hotwheels hhe 1 paket

dihh,,, ngga percaya kalau di bekasi tepatnya di pinggiran karawang ada candi? nah ini buktinyaa… dulu karawang itu pusatnya nusantara gaess… pelabuhan terbesar ada di sana, dan kerajaan Tolomo pun sudah terkenal sampai ke dataran cina gaess.

Area cakupan kekuasaan kerajaan Tarumanegara itu meliputi jabodetabek, serang banten, purbalingga jawa tengah (rada² ngapak sunda jawa), bahkan sampai ke sumatera (sriwijaya). Dapat dibuktikan dengan batu² prasasti yang ditemukan di daerah² tersebut dengan stempel kaki khas raja Mulawarman (Purnawarman).

Warman sendiri memiliki arti Shield / raja pelindung gaess.. keren kan?

candi batujaya bekasi karawang 4

es doger dulu lah yaa

Yap!!! candinya di tengah pesawahan gituuu… jgn lupa bawa payung or kicimiti hitam yaa… soalnya sayang banget kalau ngga narsis, keren deh pokoknya buat foto ige mah (*baca: instagram).

tanah yang berbukit² ngga sengaja dicangkulin sama petani… gaclok… gaclok… tuk tuk apa nih? bata? geser dikit… gaclok lagi.. ada bata lagi hhe… wow ternyata ada candiii xixixi.

Ada sekitar 20 lebih bangunan candi yang sudah ditemukan, tapi baru 2 yang direkonstruksi sempurna yaitu candi jiwa dan candi blandongan. Selebihnya masih dalam tahap pengerjaan, dikerjainnya kalau musim panas aja nunggu ngga ada airnya, wow ngga sabar pengen lihat hasilnya. ehh tapi harus sabar deh.. kalau ngga sabar nanti disuruh ikut gali loh… hho.

hmm… narsis dulu yukss…

selain melihat candi, kita juga bisa melihat benda² bersejarah peninggalan kerajaan Tarumanegara di dalam museumnya loh… ada aneka keramik dan juga senjata meriam kuno mirip di film² bajak laut hho.

eh iyaaa special thanks nih untuk anak² UNINDRA jurusan sejarah yg udah hepi bareng seharian. Ternyata kuliah sejarah di UNINDRA itu asik ya? jalan² muyuuu… xixixi… smoga cepet pada lulus dan jadi guru² teladan yaaa… aamiin.

 

lihat videonya yukss ahahaha

 

adin anaphalis for wije

Iklan

CFD (Car Free Day) kota bekasi, jangan ngaku warga bekasi kalau belum pernaah

wije, 02 April 2017

Setiap minggu pagi, mulai dari Mall Metropolitan (BCP) – RS Mitra Keluarga – GOR Patriot Chandrabaga Bekasi – hingga bunderan Sumarecon, jalan raya ditutup untuk kendaraan bermotor. Woooaaoooww 4 jalurrr.. luaaaass. Pemerintahan kota bekasi menjadikan hari itu sebagai hari bebas kendaraan, atau bahasa kerennya Ce Ef De.

IMG_20170402_140801 - Copy

ada jalur khusus sepedanya juga jadi aman ngga ketabrak sepeda

di trotoar (kaki lima) terdapat banyak tempat duduk untuk bersantai, udara di hari minggu pagi benar² bersih dan nyaman untuk berolahraga atau sekedar bersantai ria. di dekat jembatan sumarecon ada senam bersama, waaahh instrukturnya semangat sekaliii.

Banyak komunitas² yang berkumpul di CFD ini loh… mulai dari penyayang binatang (reptil, anjing, kucing, dsb), komunitas sepeda tinggi, olah raga angkat badan, skateboard, sepatu roda, dll. yang cuma ccp sambil tebar² pesona cari kenalan juga banyak ahahahayy.

Sementara untuk pedagang kaki limanya di lokalisasikan di gang belakang GOR, jadinya tertib dan gampang carinya kalau lapar atau mau belanja² aneka fashion, kumplit deh pokoknya.

Untuk teman² yg mau CFD di kota bekasi, bisa parkir kendaraan di mall BCP (bekasi cyber park), atau parkir di Gelanggang Olah Raga GOR Patriot yaaa…

have a nice weekend

 

Go!Wet Tambun.. ajigilee.. ini di tambun?

WisataJabodetabek, 11 januari 2017

go-wet-01

Orang² tambun boleh deh berbangga hati… karena waterpark yg sadis super asik ini beneran ada di Tambun, tepatnya di dalam komplek perumahan Grand Wisata. Iseng² cobain ahh mumpung lagi ada promo 1 tiket untuk 3 orang.

Jujur aja yang namanya kolam renang aku tuh paling ngga suka, tapiii setelah main ke yang satu ini olalaaa, mamaaahhh aku ngga mau pulaaangg.

Foto² dan videonya maaf cuma sedikit pemirsah, karena terlalu asik main air seru²an disana jadinya ngga sempat narsis²an, ayoo kamu cobain laah, dijamin puas. jangan malu untuk jerit² atau teriak nikmati semua wahananya yaa, kalau ngga jerit nanti mual loh, hha.

Tempatnya jauh lebih bersih dari waterpark² lain di sekitaran planet bekasi, sebut saja inisialnya.. Waterboom Lippo Cikarang yg super teduh & WaterKingdom mekarsari yg super luass. ehh inisial hhe… Biasanya dimana² kalo abis berenang kita bakalan ngabisin banyak shampoo utk cuci rambut, tapi disini ngga gitu, airnya segarrr.. kaya ada manis²nya gitu.. ehh. hha. lokasi dekat pintu tol grandwisata, anti macet gaess..

Petugas²nya ramah², luar biasa, bahkan saat kita kurang orang misalnya saat ingin menikmati wahana yg khusus 3 orang tapi kita cuma berdua… petugasnya dengan senang hati akan menemani meluncur jadi pas bertiga. Toilet & shower bersih, bisa sewa baju renang (ada baju renang muslimah juga loh), dan yang paling sulit ditemukan di waterpark lain adalah… “Mushola yang luass… komplit dengan mukena, sarung, peci, & baju koko”. wow.

Makanan? widiiih variasinya banyaak, tinggal pilih yang sesuai di lidah & sesuai di kantong. bayar makanan bisa pakai uang cash, bisa juga pakai gelang deposit anti air supaya ngga bolak-balik ambil dompet buka loker. Loker utk 1 orang 1 koin, utk family 2 koin, saran lebih baik ambil 2 loker yg perorang karena muatnya jadi lebih banyak. Sewa ban? wkwkwk disini ban gratis sepuasnya, pelampung (life jacket), kursi pantai juga gratiss!! gazebo aja yg bayar.

Gimana? bangga ngga jadi orang tambun? tinggal dimana kamu? kalo ditanya gitu… jawabannya… “aku tinggal di tambun, yang ada kolam renang gowet yang keren itu loohh, udah pernah ke tambun belum?” ciye ciyeeee..

Hardin wasaidin

Penulis

lihat videonya yuks, subscribe yaaa supaya ngga ketinggalan tiap ada video terbaru dari kita

Danau Buatan Gramapuri Persada – Cikarang

koordinat GPS  -6.2351563,107.1410912   atau bisa cari di maps google dengan kata kunci “danau buatan gramapuri persada”

wisatajabodetabek, 2016-july-14th

Di dekat terminal bus cikarang, tepatnya di perumahan Gramapuri Persada, ternyata ada tempat asik untuk kita santai loohh, di tepi danau. Yup, danau buatan memang, tapi cukup luas. Di ujung danau terbentang hamparan sawah yang hijau menyejukkan mata.

Domba-domba saun the sheep yang lucu² dibiarkan berlari bebas berkelompok, ada yg pakai pita merah di lehernya.. aaiiihhhsss unyuuu…

Waktu yang paling tepat datang ke tempat ini adalah menjelang sore, karena kita bisa melihat sunset yang wahh,  kalau sore banyak yg mancing ikan gratis jugaa.

* jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya sahabat…

rute menuju ke sana:

dari arah bekasi, lewati terminal cikarang lurus aja, nanti ketemu masjid al-makmur & alfamart, masuk ke gang di kiri jalan deh, nama jalannya jl ki asmawi, ikutin aja jalannya, nyeberang rel kereta api, nanti ketemu jembatan sungai yang agak besar gitu, setelah sungai belok ke kiri deh, perumahannya ada di sebelah kanan jalan tidak jauh dari persimpangan sungai.

by angkot? owkeyy bisa jugaa

naik angkot mungil warna cokelat (koasi) nomor K57 jurusan terminal cikarang – tambelang, turun di gramapuri persada deh, asik kan?

oleh-oleeeeeehhhh

di persimpangan palang pintu kereta ada si emak juragan jengkol yang jualan kerupuk² lebar & opak singkong, goreng di tempat cuuuyy… cocok nih buat oleh² dari cikarang, makan anget² juga enak nyam nyam nyam, disediakan tempat duduk juga.

eh iya kl ada yg kenal sama emak yang satu ini, tolong tanyain namanya yaaa… lupa aquhh hha

Masjid Perahu 1619 Cibarusah

wisatajabodetabek, 2016-07-09

Masjid (mushola) ini didirikan oleh salah seorang anak buah dari Pangeran Jayakarta yang bernama Raden Senopati Nata Kusuma, atau lebih dikenal dengan nama mbah Sena. Terletak di jalan raya serang-cibarusah, cikarang, bekasi.

Bangunan masjid ditandai dengan dua belah pedang dan atap susun tiga, sama seperti masjid perahu yang ada di casablanca Jakarta, apakah suatu kebetulan? Tapi dari sisi umur, usia masjid ini jauh lebih tua. Di atas atap terdapat hiasan unik yang sangat indah, lampu gantung di teras masjid pun menambah kesan kuno masjid ini.

Bangunan perahu di depan masjid juga mirip dengan masjid perahu di Jakarta, apakah suatu kebetulan lagi? hmm… bangunan perahu ini merupakan hibah dari seorang tentara yang pernah berkunjung ke masjid ini. Di lantai dasar bangunan perahu terdapat tempat wudhu & toilet bersih, sedangkan di lantai atas ada sebuah ruangan & tempat penampungan air.

Di sebelah masjid terdapat sebuah bukit, di mana terletak makam mbah Sena, beliau adalah pendiri kampung Cibarusah, sekaligus penyebar agama islam di bekasi dan sekitarnya. Karena itu makam ini ramai dikunjungi setiap malam jumat dan setiap hari raya umat islam, oleh peziarah yang ingin mendoakan beliau atas jasa²nya.

watch the video :

video_masjid_perahu_cikarang_cibarusah

12 curug terindah di jawa barat

12… ehh… 19 deh…

Ternyata banyak juga yaa air terjun di jawa barat yg tidak terlalu jauh dari Jakarta, inilah 19 diantaranya yang ter”oke” berdasarkan penilaian penulis pribadi. hmm… langsung aja yaa… 🙂

19. curug sawer – sukabumi

komplit. curug.. danau… hutan pinus… benar² komplit.

foto orang dari belakang dengan pemandangan

sumber foto

18. leuwi hejo & curug barong – Bogor

tosca. beneran tosca. tapi saat mulai hujan sebaiknya buru² udahan yaa… karena air akan berubah menjadi coklat, deras dan berbahaya.

leuwi hejo 40

sumber foto

17. curug cipurut – Purwakarta

curugnya sih biasa aja, tapi dinginnya luar biasa, dan pemandangan di curugnya benar² alami.

curug_terindah_di_jawa_barat_cipurut

sumber foto

16. curug ciherang – Bogor

ciherang itu.. curug yang ada rumah pohonnya, bening dan dingin airnya. nyesel deh kalo jauh² kesana tapi ngga berenang.

curug_ciherang_01

sumber foto

15. putri kencana – Bogor

1 tiket dapat 5 curug. ajib.

IMG_20151128_152955

sumber foto

14. curug sawung (curug nangka) – Bogor

di curug nangka ada beberapa curug, nah ini salah satunya.

curug_terindah_di_jawa_barat_sawung

sumber foto

13. curug ciampea – bogor

keren kan? bening kan? dinginnya… jangan ditanya… wiiihh…

curug_ciampea_instagram

sumber foto

12. curug cilember – Bogor

disebut juga curug 7, yapp.. curugnya ada 7.

curug_terindah_di_jawa_barat_cilember

sumber foto

11. air terjun panas – (perbatasan Bogor / Sukabumi / Cianjur)

jalan kakinya 4 jam gaess… capenya bakalan ilang setelah kita berendam di kolam air panasnya. asek asek.

Camera 360

sumber foto

10. curug bibijilan – Sukabumi

asik nih untuk dipanjat², ngga licin, teksturnya seperti karang / kapur. sumber airnya berasal dari sungai² di goa² bawah tanah yang muncul ke permukaan. bibijilan artinya bermunculan.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_bibijilan

sumber foto atau curug bibijilan goa buniayu

9. curug cimahi – Bandung

disebut juga curug pelangi, karena kalau malam ada lampu warna-warninya.

curug_terindah_di_jawa_barat_cimahi

sumber foto

8. curug lalay & pengantin + greencanyon – (perbatasan Karawang / Bogor)

susuri sungainya… banyak curug yang didapat.

next_trip_green_canyon

7. curug kembar – Sukabumi

tapi curug ini belum dibuka untuk umum oleh TNGP… jadinya… masih rahasia. menuju kesana kita harus menuruni tebing berpegangan pada ranting² pohon.

curug_terindah_di_jawa_barat_kembar_sukabumi

sumber foto

6. air terjun cibereum – (Cianjur / Bogor / Sukabumi)

nikmati udara pegunungan sampai ke curugnya, jalan kakinya 1 jam santai, trek bagus dan mudah.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_cibereum

sumber foto

5. curug hordeng & curug kembar – Bogor

mobil agak susah, kesini harus naik motor gaess… tapi luar biasa keren…

curug_hordeng_04

sumber foto

4. curug bidadari – Bogor

curugnya udah kelihatan dari parkiran mobil, jadi bisa ajak kakek nenek deh…

bidadari_04

sumber foto

3. curug malela – Bandung

siapkan perbekalan yang cukup yaa, pasti lapar kalau jalan kesana.

curug_terindah_di_jawa_barat_malela

sumber foto

2. curug luhur – Bogor

tempatnya agak berantakan, tiket mahal, banyak warung, tapi curugnya bagus. banget.

curug_terindah_di_jawa_barat_luhur

sumber foto

1. curug cikaso – Sukabumi

bisa jalan kaki susuri sawah, bisa juga naik perahu di sungai yg warnanya tosca. keren banget deh.

cikaso_04

sumber foto

 

… 19 pun sepertinya masih kurang… masih banyak lagi air terjun cantik terutama di kaki gunung salak yang masuk wilayah administrasi banten, semisal curug cihear dsb, dan juga curug² yang ada di cianjur misal curug cikondang yang ada di tengah sawah atau curug citambur yang suaranya menggetarkan jantung. Penulis belum berkesempatan berkunjung kesana karena keterbatasan akomodasi.

Mangrove Muara Tawar Bekasi, ciyus.. ini beneran di bekasi loh

wisata jabodetabek, jumat, 01 januari 2016

mangrove_muara_tawar_10

iyappp!! jembatan cinta!! hahayy.. pohon cintanya juga ada di hutan mangrove bekasi (semoga beneran akan menjadi hutan… aamiin), bekasi gitu loch 🙂

Selamat tahun baruuuuu… selamat datang 2016, matahari mulai mengintip di ufuk timur, membuat langit menjadi merah keemasan. Tapi sepertinya orang² masih pada tidur setelah berpesta semalaman.

mangrove_muara_tawar_20

Kali ini kita berangkat menuju pesisir bekasi. Masih berbatasan dengan Jakarta Utara. Yep, marunda. What? Bekasi? hha tapi tenang aja, hari ini tidak ada yg namanya wisata macet & sabar… kita ambil jalan yang lancar jaya.

Kalau kita menyusuri jalan cor-coran di tepi Banjir Kanal Timur, di ujung jembatan yang terakhir kita sudah bisa melihat laut jawa. Di jembatan itu kita ambil kanan, setelah mentok pertigaan ambil kiri ke arah PLTGU Muara Tawar di marunda.

Bekasi punya mangrove? di Marunda? hhe iya ternyata beneran ada, kirain cuma mitos aja. Untuk melihat pohon bakau atau mangrove di daerah ini ada 3 spot yang asik, ya silahkan dipilih sesuai selera. ya dipilih ya dipilih… lihat-lihat juga gapapa kakaak…

Yang pertama adalah PAIL satu. Whats the meaning of pail? tanya sama beberapa orang jawabannya sama, sambil geleng² kepala mereka jawab “ya pail aja, bukan singkatan” hha, ternyata itu bahasa inggris pile yang artinya tiang-tiang. Pail 1 adalah saluran pintu air laut yang masuk ke PLTGU muara tawar. Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap. Air laut yang masuk nanti akan dimasak menggunakan gas, dan uapnya akan menggerakkan turbin menghasilkan listrik untuk kota Jakarta Bekasi dan sekitarnya. Tidak menggunakan batu bara, jadinya sangat ramah lingkungan.

Gang masuknya terletak sebelum PLTGU, patokannya adalah masjid ini. koordinat GPS -6.0907274,106.9962657

mangrove_muara_tawar_01

masuk ke gang itu, lurus aja, masyarakat disini banyak yang beternak kerang hijau dan kerang dara (mawar), jadi tidak heran kalau banyak yang menjual kerang segar beserta bumbunya untuk dimasak.

mangrove_muara_tawar_02

sampai bertemu pos ini, masuk aja.

mangrove_muara_tawar_03

lalu dilanjutkan berjalan kaki melipir tembok PLTGU sampai ke belakangnya.

mangrove_muara_tawar_04

Tuh letaknya di bawah menara pos kecil diujung itu (lihat foto di atas). Tapi berhubung tidak ada penjaga parkir kendaraan, kita ngga jadi deh kesananya. haha. tak apalah… lanjut ke alternatif ke dua yaa.. yuk chaw.

Pilihan ke dua adalah Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove. Ikuti jalan raya depan masjid tadi, lewat depannya PLTGU, sampai mentok. Naaah di kanan ada gang kecil masuk pasar ikan, masuk kesana deh motornya. Kalau bawa mobil parkir disini aja, lanjut jalan kaki masuk gang kurang lebih 20 meter aja koq.

mangrove_muara_tawar_05

mangrove_muara_tawar_06

Parkiran motor gabung sama parkiran perahu nelayan, hhi… disini ikan yang dijual benar² fresh hasil tangkapan looohh. Belanja yuk belanjaa…

mangrove_muara_tawar_07

sekarang parkirannya sudah tidak seperti ini lagi, rapih jaliii

*motorku nyempil di sebelah kiri, ada yang lihaat? ayoo beri tanda lingkaran ya kalau ketemu 🙂

mangrove_muara_tawar_08

Welcome… Selamat Datang teman-temaaann. Tiket masuk? gratis. Oh Mai Gottt. Langsung aja ya lihat foto-fotonya.

mangrove_muara_tawar_09

mangrove_muara_tawar_10

selain selfie² di jembatan, kamu bisa juga naik perahu keliling hutan mangrove, seruuu

mangrove_muara_tawar_11mangrove_muara_tawar_12

*ada beberapa papan yg berlogokan PT United Tractor, hmm… terimakasih United Tractor atas penghijauan bekasi ini. ayo dooong adik² sekolah, mahasiswa/i, komunitas² keren… kita tanam mangrove yuuukkss

mangrove_muara_tawar_14mangrove_muara_tawar_13

Okey, gimana? keren kan? sekarang kita lanjut ke option ke 3 yaa… pilihan ke 3 adalah pail 2. Yep. Jalan yang tadi mentok itu, diujungnya, sebelah kiri jalan di belakang tembok PLTGU ada parkiran motornyaa… eh ada warungnya jugaaa.

mangrove_muara_tawar_15mangrove_muara_tawar_16

Parkir motor untuk wisata 2ribu rupiah, parkir motor untuk mancing 5ribu rupiah. Naaah karena ada yang jaga, kita masuk deh hhe… akhirnyaaa. Penasaran sama yang namanya pail.

mangrove_muara_tawar_17

Naaah ini toh yang namanya pail. Disini pail 2. jadi air yang keluar ya air hangat gitu.

mangrove_muara_tawar_18

Ada yang wisata keluarga juga, gelar tiker, makan bareng sambil lihat air, ada juga yang naik-naik rakit. Kalau yang pacaran banyaknya di pail 1, di sini jarang.

mangrove_muara_tawar_19mangrove_muara_tawar_21

di kiri kanan pail ada jalan cor-coran, mau gaya apa aja bebass!! ngapain aja kecuali buang sampah sembarangan, jangan yahh *_^

mangrove_muara_tawar_22mangrove_muara_tawar_24mangrove_muara_tawar_23mangrove_muara_tawar_26

Masih bisa dengar suara burung liar… putih… biru… lihat kepiting… ikan mujahir… bening airnya.

mangrove_muara_tawar_25

mangrove_muara_tawar_27

Di ujungnya banyak yang mancing..

Gimana, keren kaaan?? jempol dulu laah.

mangrove_muara_tawar_28

Tim peliput: Arif – Hardin  (pemuda bekasi)

Terimakasih.

 

jembatan cinta sekarang… jembatannya warna-warni… dan banyak saungnya… bikin makin cintaaa

sumber foto

lihat videonya yukss

Previous Older Entries