Danau Dora – tempat santai gratis yang asik di Cibinong

Wisata Jabodetabek, minggu 17 mei 2015

koordinat gps pintu masuk loket : -6.493062, 106.852248

Tepat seperti dugaanku, yang namanya danau pasti banyak yang pacaran hha… ya tapinya tujuan kita ke sini bukan untuk lihat yang pacaran loh yaaa, yuk kita lihat yang lain aja. hmm… apa ya? Buat yang punya anak kecil pasti tuh anak seneng banget lari sana-sini. Luaaaaaassss.

danau dora 06 bonus 04

danau dora 01 depan 01danau dora 01 depan 02

* view di atas

danau dora 01 depan 03danau dora 01 depan 04

* tangga dari parkiran menuju danau

danau dora 01 depan 05

* aku dan adikku

danau dora 01 depan 06danau dora 01 depan 07

* danau dora

Tapi sebelumnya, ada yang tau kenapa namanya danau dora? coba deh buka google maps, tulis “situ cibuntu cibinong”, ketemu kan? naaahh itu dia nama aslinya. Nama kerennya Cibinong Ecologhy Park. Oleh LIPI & Kebun Raya Bogor ditata sedemikian rupa agar lebih bermanfaat bagi kehidupan warga sekitar. Sewaktu awal direnovasinya, anak-anak kecil demen banget tuh main di tempat ini, dan kebetulan lagi beken-bekennya film kesayangan mereka Dora the explorer, jadilah situ ini dikenal dengan nama danau Dora. Aiihhsss… ternyata gitu.

danau dora 02 saung 01danau dora 02 saung 02danau dora 02 saung 03

Buat yang suka foto-foto makro, cocok banget nih kalau pagi-pagi main ke sini. Saat matahari mulai muncul, butiran embun masih banyak, serangga-serangga unik, berbagai jenis capung, belalang, kupu-kupu, ikan rawa, kepiting, bunga rumput dan teratai, mewah sekaliii. Ditambah lagi tempat ini adalah hutan percontohan yang isinya tanaman-tanaman langka koleksi kebon raya Bogor. Banyak juga yang memanfaatkan danau Dora ini untuk foto-foto prawed. Tempat ini juga bisa disewakan bagi yang ingin mengadakan acara resepsi nikahan ala outdoor gitu. Setiap minggu paginya ada juga senam bersama yang diadakan warga sekitar.

danau dora 03 rumput 02danau dora 03 rumput 03danau dora 03 rumput 04danau dora 03 rumput 05danau dora 03 rumput 06

Naik angkutan umum? hmm… bisa naik miniarta jurusan kampung rambutan – bogor. Kalau dari arah Jakarta setelah melewati pertigaan pemda cibinong siap-siap turun deh. Adanya di kiri jalan, Bakosurtanal namanya, teriak yang kenceng, bang kiri baanngg!!!… trus lanjut jalan sehat deh ke dalamnya.

Parkir motor 3ribu rupiah, parkir mobilnya lupa tanya. Tiket masuk manusianya? gratisss hho asik kan? keluar masuk gerbang berkali-kali juga tetep gratis. Kamar kecil 2ribu. Kalau mau berenang di danau juga boleh, ada tuh yang begitu. hhihhi.

danau dora 03 rumput 01

* anak capa iniiiii?? hho bahagianyaa

Di luar gerbang banyak jajanan, harganya sama aja kok sama di luaran, rujak tumbuk atau rujak beubeuk 5ribu, mi ayam 8ribu, somay 5ribu, bakso goreng 5ribu, hamburger standar 6ribu. Tapiiii… harga minumannya mahal. ciyus, mahal. Bawa aja lah dari rumah atau mending beli di minimarket di jalan ya. ciyus ngga bohong. Agak aneh emang, di lokasi wisata yang banyak airnya begini kenapa harga minuman bisa mahal ya? hha, mungkin tukangnya pada pengen cepet-cepet naik haji.

danau dora 04 setapak 01danau dora 04 setapak 02danau dora 04 setapak 03danau dora 04 setapak 06danau dora 04 setapak 05danau dora 04 setapak 04

Di danau dora banyak tempat untuk gelar tiker, foto-foto, pacaran, arisan, kumpul keluarga, ya ngapain aja lah. Tapi belum menyediakan tempat untuk sholat, hmm sayang banget. Tapi tenang, keluar gerbang, di sebelah kanan ada kantor LIPI, bisa minta izin dengan security untuk numpang sholat di musholanya. Bapak securitynya baik-baik dan ramah loooh, tapi ngga mau diajak foto bareng, malu katanya hhi.

danau dora 06 bonus 05danau dora 06 bonus 03

* mushola LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

kembali ke danau dora, main ayunan akar gantung sambil makan buah Bisbul, buah langka asal negara philipina pemberian bapak security LIPI yang baik hati. Wanginya seperti apel yang manis, bentuknya bulat seperti kecapi tapi lebih besar, warna kulitnya pink, isinya putih, bijinya seperti biji salak, rasanya seperti perpaduan antara durian, timun suri, dan srikaya, bingung ngejelasinnya.

danau dora 05 hutan 01

*ridia, mia, hardin, ari, toni

danau dora 05 hutan 02danau dora 05 hutan 03danau dora 05 hutan 04

 

danau dora 05 hutan 05

* makan buah bisbul sambil main ayunan akar

Danau Dora dibuka untuk umum sabtu, minggu dan hari libur nasional dari pagi hingga sore hari. Semakin sore semakin ramai pengunjungnya, semakin banyak yang buang sampah sembarangan karena minimnya sarana tempat sampah & kesadaran pengunjung, semakin banyak juga tukang ngamennya yang nyanyi lagu-lagu ngga jelas, dan mereka akan bilang “pelit” bila tidak dikasih. haha.

danau dora 06 bonus 01 danau dora 06 bonus 02

Yah… untuk ukuran wisata gratis, tempat joging atau tempat mencari inspirasi, okelah. Ayo main kesanaa…

^_^

 

lihat video youtubenya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: