Gunung Kanaga via Bukit Swiss 2, Si Mungil Yang Mewah

wije, bogor, 15 Maret 2020

“Mau kemana?”
“Mau ke atas kanaga, mau bikin video yutup”
“Ooooh naik gunung? Parkirnya disini aja gapapa, aman. Makasih yaa sudah kesini”

Begitulah sambutan ramah penuh senyum hangat dari ibu-ibu dan warga yang kami jumpai di saung-saung Bukit Swiss 2. Disini fasilitas parkir, saung-saung, dan kamar mandi bersih tersedia, dan… tidak dipungut biaya.

gunung kanaga

Beberapa meter dari gang masuknya… di sebelah kiri tepi jalan terlihat sebuah bak besar terbuat dari semen, berisi air yang mengalir deras sampai tumpah-tumpah. Kemudian dari bak ini dialirkan lagi menggunakan selang ke rumah-rumah warga.

Ya, gunung kanaga merupakan sumber mata air bersih bagi warga, dan saat ini warga sedang berjuang mempertahankannya melalui pengadilan dari perusahaan penambangan.

Dari bawah.. gunung ini terlihat kecil dengan bentuk kerucut yang biasa, hmm.. tidak menarik. Tapiiii setelah sampai di atasnya waaaaahhh penilaian tersebut berubah 180 derajat!! Ini luar biazaaahhh, di belakang gunung kanaga berdiri gagah gunung² lainnya di area karawang menjadikan panorama tersendiri sebagai latar belakang selfie-selfie.

Flora dan faunanya pun beraneka ragam jenis dan unik. Meski hanya 30 menit waktu yang diperlukan dengan berjalan santai ke atas… namun itupun membuat kita 10 kali berhenti duduk atau bersandar pada batu dan pohon, karena nafas tinggal satu dua. Kalau yang sudah biasa mendaki mungkin hanya perlu waktu 10 menit saja untuk sampai di puncaknya.

Gunung Kanaga. Kecil… tapi luar biasa mewahnya.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar