panjat tebing yang asik untuk pemula via Ferrata Badega Gunung Parang

wisata jabodetabek, 2016- april-16

Wilujeng sumping… selamat datang…

Kampung cihuni atau terkenal dengan istilah desa sajuta batu, terdapat wisata gunung parang. Gunung yang sebenarnya adalah batu andesit dengan ketinggian kurang lebih 900 mdpl, menjadikan batu andesit ini terbesar kedua di asia.

ferrata_badega_gunung_parang_19

Banyak paket wisata yang ditawarkan disini. Penginapan, berkemah bersama teman-teman, wisata menelusuri desa, panjat tebing, dan yang paling asik adalah wisata Ferrata yang merupakan ferrata pertama di Indonesia.

ferrata_badega_gunung_parang_01

yap, itu waduk jatiluhur di belakang kita 😀

What’s the meaning of ferrata? ferrata adalah aktifitas menaiki anak-anak tangga yang terbuat dari besi yang ditancapkan pada tebing, jadiii… tidak perlu keahlian khusus untuk berfoto keren layaknya para pemanjat profesional, yo’i kan? weittss yo’iiii…

#galih, dhany, adin, tika, ebi (klik foto utk melihat satu persatu)

Hanya dengan merogoh kocek 100ribu rupiah saja, kita sudah bisa ferrata ceria looohh, ferrata bagi pemula setinggi 300 meter, sudah termasuk pemandu, alat-alat pendakian dan helm, p3k (kecuali sarung tangan, bawa sarung tangan masing-masing yaaa). Kegiatan ferrata dijadwalkan 2x dalam 1 harinya, bebas pilih mau yang jam 8 pagi atau jam 2 siang, berdurasi kurang lebih 3 jam. Jumlah peserta dibatasi maksimal 40 orang, tidak ada minimalnya.

Buat kamu yang punya nyali lebih, bisa cobain paket Tyrolean Traverse… bergelantungan dengan hammock dari puncak 1 ke puncak 2 di ketinggian 900 meter. xixixi. Sekalian menginap di tenda gantung, olalaaa. Eh iya, saat ini sedang disiapkan juga 10 hotel gantung yang pastinya nanti bakalan hitz lah ya, kalau mau lihat penampakannya lihat gambar yang paling bawah yaa.

ferrata_badega_gunung_parang_16

peralatan tempur, helmet utk gopro juga ada

Anak kecil pun boleh, minimal berusia 2 tahun yaa… bila ada peserta anak kecil, nanti pemandunya akan membawa alat gendong, jadi kalau kelelahan akan digendong. eeeiiiitttsss cuma buat anak kecil yaaaa haha. Eh iya, maksimal berat badan 200kg.

Hmmm… setelah 300 meter menaiki anak tangga kita bisa berfoto dengan latar belakang waduk jatiluhur, kereeeeennnn!!! selain itu masih terlihat beberapa ekor elang yang terbang bebas di angkasa, amazing, saking amazingnya sampai lupa untuk difoto… hadeeehh #tepokjidat. Menjelang sore kabut terlihat turun dari puncak gunung parang.

Lokasi kemah ada dua posisi. Lokasi pertama ada di persawahan, dari lokasi ini saat pagi foto dengan background megahnya gunung parang akan sangat menakjubkan. Pilihan yang ke dua adalah berkemah di hutan tempat breafing sebelum memanjat, di posisi ini malam harinya bisa berfoto dengan background lampu-lampu keramba ikan di waduk jatiluhur, sadiiiss kereeennnn!!! eh iya, biaya berkemah perorang 25ribu rupiah, tenda bawa sendiri.

ferrata_badega_gunung_parang_03

camping ground atas

Bagi yang mengendarai roda 2 enaknya masuk pasar anyar sukatani, nyeberang rel, lalu ikuti jalannya saja sampai ke badega gunung parang, jalannya sudah aspal loh. Bagi yang mengendarai kendaraan roda 4 atau bus bisa melalui plered yang jalannya agak lebar dan tanjakannya pun santai.

Fasilitas menginap di rumah bambu, bale semah, saung, tenda… pendopo untuk acara, warung makan, mushola, kamar mandi bersih.. komplittt.

ferrata_badega_gunung_parang_02

paket komplit 25rb : nasi, ayam tahu tempe, sambal, lalapan, sayur asem nyesss

ferrata_badega_gunung_parang_12

isi data diri sebelum kegiatan

ferrata_badega_gunung_parang_07

suasana malam di lokasi wisata

hotel gantung tebing gunung parang purwakarta 1hotel gantung tebing gunung parang purwakarta 2

gambar di atas adalah hotel gantung yang sedang dirakit di badega gunung parang ini gaess, keren kan?

Gimana? kurang apa lagi coba? ayo kapan kesini??

*special thanks to: Bapak Dhanni Daelami (management badega gunung parang) dan Ebi (pemandu kita)

 

lihat videonya yukss

Iklan

12 curug terindah di jawa barat

12… ehh… 20 deh…

Ternyata banyak juga yaa air terjun di jawa barat yg tidak terlalu jauh dari Jakarta, inilah 20 diantaranya yang ter”oke” berdasarkan penilaian penulis pribadi. hmm… langsung aja yaa… 🙂

20. curug lembah pelangi – bogor

sebenernya masih shock juga sih, ngga percaya ada wisata cuma bayar 5ribu kita bisa nikmatin 3 curug, udah gitu letaknya ngga jauh dari IPB dramaga, bisa dicapai naik kendaraan umum 1x dari jakarta pula…

Curug Lembah Pelangi photogrid

sumber foto

19. curug sawer – sukabumi

komplit. curug.. danau… hutan pinus… benar² komplit.

foto orang dari belakang dengan pemandangan

sumber foto

18. leuwi hejo & curug barong – Bogor

tosca. beneran tosca. tapi saat mulai hujan sebaiknya buru² udahan yaa… karena air akan berubah menjadi coklat, deras dan berbahaya.

leuwi hejo 40

sumber foto

17. curug cipurut – Purwakarta

curugnya sih biasa aja, tapi dinginnya luar biasa, dan pemandangan di curugnya benar² alami.

curug_terindah_di_jawa_barat_cipurut

sumber foto

16. curug ciherang – Bogor

ciherang itu.. curug yang ada rumah pohonnya, bening dan dingin airnya. nyesel deh kalo jauh² kesana tapi ngga berenang.

curug_ciherang_01

sumber foto

15. putri kencana – Bogor

1 tiket dapat 5 curug. ajib.

IMG_20151128_152955

sumber foto

14. curug sawung (curug nangka) – Bogor

di curug nangka ada beberapa curug, nah ini salah satunya.

curug_terindah_di_jawa_barat_sawung

sumber foto

13. curug ciampea – bogor

keren kan? bening kan? dinginnya… jangan ditanya… wiiihh…

curug_ciampea_instagram

sumber foto

12. curug cilember – Bogor

disebut juga curug 7, yapp.. curugnya ada 7.

curug_terindah_di_jawa_barat_cilember

sumber foto

11. air terjun panas – (perbatasan Bogor / Sukabumi / Cianjur)

jalan kakinya 4 jam gaess… capenya bakalan ilang setelah kita berendam di kolam air panasnya. asek asek.

Camera 360

sumber foto

10. curug bibijilan – Sukabumi

asik nih untuk dipanjat², ngga licin, teksturnya seperti karang / kapur. sumber airnya berasal dari sungai² di goa² bawah tanah yang muncul ke permukaan. bibijilan artinya bermunculan.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_bibijilan

sumber foto atau curug bibijilan goa buniayu

9. curug cimahi – Bandung

disebut juga curug pelangi, karena kalau malam ada lampu warna-warninya.

curug_terindah_di_jawa_barat_cimahi

sumber foto

8. curug lalay & pengantin + greencanyon – (perbatasan Karawang / Bogor)

susuri sungainya… banyak curug yang didapat.

next_trip_green_canyon

7. curug kembar – Sukabumi

tapi curug ini belum dibuka untuk umum oleh TNGP… jadinya… masih rahasia. menuju kesana kita harus menuruni tebing berpegangan pada ranting² pohon.

curug_terindah_di_jawa_barat_kembar_sukabumi

sumber foto

6. air terjun cibereum – (Cianjur / Bogor / Sukabumi)

nikmati udara pegunungan sampai ke curugnya, jalan kakinya 1 jam santai, trek bagus dan mudah.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_cibereum

sumber foto

5. curug hordeng & curug kembar – Bogor

mobil agak susah, kesini harus naik motor gaess… tapi luar biasa keren…

curug_hordeng_04

sumber foto

4. curug bidadari – Bogor

curugnya udah kelihatan dari parkiran mobil, jadi bisa ajak kakek nenek deh…

bidadari_04

sumber foto

3. curug malela – Bandung

siapkan perbekalan yang cukup yaa, pasti lapar kalau jalan kesana.

curug_terindah_di_jawa_barat_malela

sumber foto

2. curug luhur – Bogor

tempatnya agak berantakan, tiket mahal, banyak warung, tapi curugnya bagus. banget.

curug_terindah_di_jawa_barat_luhur

sumber foto

1. curug cikaso – Sukabumi

bisa jalan kaki susuri sawah, bisa juga naik perahu di sungai yg warnanya tosca. keren banget deh.

cikaso_04

sumber foto

 

… 20 pun sepertinya masih kurang… masih banyak lagi air terjun cantik terutama di kaki gunung salak yang masuk wilayah administrasi banten, semisal curug cihear dsb, dan juga curug² yang ada di cianjur misal curug cikondang yang ada di tengah sawah atau curug citambur yang suaranya menggetarkan jantung. Penulis belum berkesempatan berkunjung kesana karena keterbatasan akomodasi.