Megahnya Goa Ciwadon jonggol yang mitosnya bisa tembus sampai pelabuhan ratu

wije, bogor, 2019-des-08

Hattrick!! 3 Goa di jonggol dalam 1 hari hho… ya karena letaknya berdekatan, semua sudah ada di maps google. Dari mulai bermain air sungai di goa surupan yang memiliki 3 pintu, lalu lanjut melihat taman surga goa sriwedari di kedalaman vertikal, nah lanjut lagi deh ke goa ciwadon ini.

20191208_143016

Kalau naik mobil bisa parkir di Jonggol Garden theme park, jalannya sudah aspal halus, lanjut jalan kaki melewati jalan berbatu kurang lebih 100-200 meter, deket lah yaa.. kalau motor sih langsung aja parkir di parkiran ciwadon. Sudah resmi jadi tempat wisata dengan tiket masuk 15ribu rupiah. Tapi di saat musim hujan sepertinya dibiarkan terbengkalai tanpa petugas jaga, yasudah bayar parkiran motor saja ke ibu bapak yang punya warung di seberangnya.

Pintu goa ada di bawah parkiran motor, di bawah pohon beringin besar. Bisa kelihatan dari jembatan bambu yang banyak payung²nya, ceritanya sih untuk foto-foto gitu, tapi emang keren sih.

Di dekat loket masuk ada peta yang bisa menunjukkan ada apa aja sih di dalam goa ciwadon, naaah kamu harus foto peta ini sebelum masuk, jadi kamu di dalam agak mudah mencari, karenaaa… di dalamnya super gelap, beda dengan goa yang lain. Goa ciwadon ini sangat luas, dari dinding kiri ke kanannya sangat jauh, jadi butuh senter yang fokus yang bisa tembus jauh untuk bisa tau jaraknya. Di dekat flowstone yang besar.. kalau kita lihat ke atas, ada 2 lubang di ketinggian langit-langit, itu perkebunan warga, dan kita bermain-main 30 meter di bawah tanahnya loh.. wuidiiihh…

Di peta ini baru terexplore 1/2nya saja, kalau kamu berani menembus pintu bawah air di bagian ujung peta (CS), masih ada lorong sempit tapi memiliki atap sangat tinggi disana yang jaraknya kira-kira sepanjang peta itu lagi, atau bahkan lebih.

Selamat menikmati kegelapan abadi…

dan karena lagunya kena copyright jadi videonya terpotong sampai pas pintu misteri… dilanjut video berikutnya yaa

Tinggalkan komentar