situ (danau) jatijajar, hidden forest in depok city

wije, 2017-05-06

 

Lihat di google maps ada hijau² yang luas di pinggiran situ jatijajar, hmm… bikin kepo. hari sabtu tiba, langsung berangkat bawa hammock buat tidur²an di pinggir danau. ehh dahsyattt… ada hutannya. Ngga nyangka gaesss… ada hutan lindung disini.

Burung² berkicau… sejuk di hati.

Ticket free, parking free, fishing free, bird sound free, fresh air free… GRATIS!!! yang bayar cuma perahu bebeknya aja. fasilitas pun komplit, kamar mandi, mushola, ada.

Jalan menuju hutan melewati setapak di ujung mushola, so bebas dari roda dua, asiknyaaa!!! selain itu di hutan juga dilarang merokok, ini diaa aku suka banget nih peraturan begini, fresh air gaess. Eh iyaa yang ngga suka hutan, mungkin karena takut nyamuk, atau jones yang takut dinyamukin juga.. hhe.. ada jalan conblock di pinggiran danau juga koq, jadi ngga perlu masuk hutan untuk mengelilingi danaunya.

danau jatijajar

ngemeng muyu daritadi xixixi… mi ayam dulu yukss… me & my mom

Situ ini tergolong sepi sekali, jarang orang yang masuk sampai ke dalamnya, bahkan hanya beberapa orang saja yang naik perahu bebeknya, dan itupun mayoritas warga sekitar situ.

Setahun sekali di situ ini ada panen raya ikan di danau yang tengahnya, sementara di danau yang pinggir beberapa bulan sekali diadakan lomba mancing. Di danau yang tengah mancing gratis tapi tidak boleh dijala, kalau danau yang pinggir jangan dipancing yaa, itu untuk acara lomba.

—-*angkutan umum*—-

situ ini masuk gangnya ngga jauh dari jalan raya bogor gaess.. jadi bisalah naik miniarta jurusan Rambutan-Bogor. Letaknya ngga jauh dari simpangan depok ke arah bogor, pokoknya kalau sudah melewati taman eskrim woody berarti tinggal beberapa puluh meter aja deh, nyeberangin sungai ciliwung yaa.

—-*wisata religi*—

Pada waktu-waktu tertentu mushola situ ini ramai dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. Dulunya danau ini bernama “keramat situ” dan dijadikan nama mushola “al karomah”, disini merupakan tempat bertafakur bagi para pejuang Islam pada zaman belanda, selain itu juga tempat berpusatnya penyebaran agama islam di wilayah depok pada zaman dahulu kala. Dan ada satu makam penyebar agama islam disini, makamnya tanpa nama sesuai pesan terakhir beliau. Jangan lupa mampir doakan ya gaess…

Terimakasih pemerintah kota depok, lestarikan hutan kitaa.

^_^

lihat videonya yuuukkss

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: