Bukit Gantole Cililin & Pinus Pananjung

Wisata Jabodetabek, 2015-12-05

Bogor punya puncakpass untuk main paralayang atau sekedar berfoto-foto di atas bukit, eeiittss bandung juga punya dooong, Bukit Gantole namanya, nama kerennya “venue gantole”, adanya di cililin cihampelas, wilayah bandung barat.

bukit_gantole_cililin_02

Sebenarnya tempat ini sudah ada sejak 2010 untuk acara Pekan Olahraga Nasional,  sayang sekali bangunan gedung kayu dan landasan terbangnya dibiarkan terlantar begitu saja, bahkan sering dijadikan tempat ehm ehm ehm pada malam hari. Syukurlah sekarang sudah mulai dipugar dan diperbaiki untuk wisata, dan semoga kedepannya dikelola dengan baik dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

wanna see? okey, lets the story begin…

Pukul 06:15 matahari sudah meninggi, tapi masih menyisakan kabut tebal di kota kecil ini… yes that’s right, cililin!! Kabut sebagus ini sayang sekali kalau tidak dinikmati kan? iseng-iseng main di sawah, sambil bercanda dengan ibu-ibu yang sedang tanam padi.

Di jalan raya menuju curug Malela, setelah melalui pasar desa Mekar Mukti, kita akan melewati gang masuk ke bukit gantole, namanya Jalan Singajaya (nyalindung). Posisi gang ada di sebelah kiri pas tikungan yang agak menanjak. Koordinat gps masuk gang Singajaya : -6.9371661,107.4750103

Ikuti saja terus jalan masuknya, papan petunjuk menuju bukit gantole terlihat jelas di setiap percabangan yang kita temui di dalamnya. Kendaraan roda dua dan empat bisa masuk, tapi jangan yang ceper yaaa. Di tengah perjalanan kita selalu disajikan indahnya pemandangan perbukitan, dengan view memandang ke arah kota Bandung.

Ada juga hutan pinus Perhutani yang cocok sekali untuk beristirahat, suasana tenangnya bikin kita jadi mager broo. (*mager = males gerak)

Sewaktu kita main² disini hutan pinusnya masih bebas dan banyak penduduk yang menyadap pohon pinus untuk diambil getahnya, mulai Juli 2016 sudah dipagar & dikelola oleh perhutani menjadi Wanawisata Pinus Pananjung dengan harga tiket 10ribu rupiah. Jalan melalui area ini pun kini sudah aspal halus. Pemandangan perbukitan di belakang hutan pinus pokoknya WOW banget utk selfi²an, ditambah ada beberapa panggung kayu di atas pohon pinusnya, jangan lupa berfoto di sana yaa..

Dan akhirnya… setelah 45 menit dari pintu masuk gang… yesss… puncak gantole!!! seruput kopi di warung bambu bersama teman² sambil curhat² yang ngga jelas, disini tempatnyaa 🙂

bukit_gantole_cililin_12bukit_gantole_cililin_13

waktu kami kesini tidak ada tiket masuk, biaya parkir motor dsb. gratis!! Mau foto² bersama pemain paralayang juga boleehh… gratis!!! Banyak anak² sekolah yang mampir kesini setelah pulang dari sekolah. Lapangan conblock sudah 90% terpasang, dan sepertinya akan dibangun sebuah gedung dua lantai. Smoga kedepannya ada toilet, mushola, dan sarana kebersihan.

Untuk ikut bermain paralayang, biayanya bisa ditanyakan dengan kakak² yang ada di sana yaaa… kemarin lupa tanya.

bukit_gantole_cililin_14bukit_gantole_cililin_15bukit_gantole_cililin_16

bukit_gantole_cililin_17

view pemandangan kota bandung terlihat indah dari bukit gantole, bila berkunjung di malam hari pemandangan lampu² kota bandung sungguh menakjubkan apalagi bila ditemani secangkir kopi & nyanyian merdu dari sang jangkrik. uuuwwwhhh.

bukit_gantole_cililin_18

Ayooo… kapan main ke cililin? pulangnya jangan lupa beli oleh² “wajit” yaaa!! sejenis dodol / wajik rasanya maniiiss, terbungkus daun jagung.

Terimakasih warga cililin atas keramahannya, terimakasih perhutani, terimakasih Bandung.

lihat videonya yukss

jangan lupa subscribe di youtube kita supaya ngga ketinggalan video terbaruuu.. gratis kakaa

Iklan

24 Komentar (+add yours?)

  1. robert ganteng
    Des 08, 2015 @ 16:47:40

    TOp deh!!! mangstap

    Balas

  2. Abhell
    Des 11, 2015 @ 19:38:07

    muantaaaabbb bingittt ciing….

    Balas

  3. Ummi Agnia
    Feb 22, 2016 @ 22:49:41

    Blm prnah ksana euy, pdahal rumah mrtua d daerah cililin jg..hehe

    Balas

    • Adin Anaphalis
      Feb 23, 2016 @ 10:59:24

      hmm… kesana dooong… tahun 2016 ini pastinya disana bakalan ramai banyak yg latihan paralayang & gantole, kan PON 2016 september diadain di bandung. 🙂 sekalian ke rmh mertua hhe

      Balas

  4. Yani
    Feb 23, 2016 @ 11:42:07

    Bukit gantole cililin belum pernah nih

    Balas

  5. kazada oleh oleh ciliin
    Apr 08, 2016 @ 05:38:33

    siipp.. keren.. izin share yaa

    Balas

  6. Merry
    Apr 12, 2016 @ 02:17:20

    Duuuh pengen baanget naik gantole tp hk ada tman kesna nya

    Balas

  7. Merry
    Apr 12, 2016 @ 02:19:23

    Ajak gw dong kepuncak ngiler bgt liat indah nya pemandangan puncak sejuk banget

    Balas

  8. riyadhfasya
    Apr 17, 2016 @ 20:52:27

    Wawww mangtabbb
    Gw pasti injek ni tmpat, ada yg mau ngetrip bareng gaizzz…

    Balas

  9. thean
    Apr 20, 2016 @ 09:43:39

    waaaakh spertiii ny enk wt trek spedah gnunx kang….

    Balas

    • Adin Anaphalis
      Mei 11, 2016 @ 15:01:15

      iya speda asik byk tanjakan setannya hha, pencinta alam yg berkemah juga suka ada di sana, foto² malam latar belakangnya lampu² kota bandung jadi semacam bukit bintang gitu, paginya juga keren utk foto bukit²nya berselimut kabut.

      Balas

  10. egi renaldi
    Mei 01, 2016 @ 11:04:19

    Kesana bayar gak?

    Balas

  11. Retzko
    Mei 23, 2016 @ 17:45:10

    Gantole emang keren banget, gan. kalo bisa freestyle gantole juga asik juga kyknya. huekekeke

    Balas

  12. rizwan
    Jun 02, 2016 @ 13:45:25

    cape naekna.jalan ka nu tos pom bensin gang nu aya gapura

    Balas

  13. Ridwan
    Jul 01, 2016 @ 20:04:31

    buat temen2 dari daerah selatan bisa pake jalan cipatik, setelah Indomart belok kiri. Kalo dari arah Cihampelas bisa lewat Nyalindung, yang ada gapuranya. Nanti bisa lewat desa singajaya atau desa situwangi, terus lewat desa kidangpananjung.. kebetulan akses jalan udah hampir beres. lampu jalan sudah muai dipasang, kemarin tanggal 29 juni 2016 uda mulai di hotmix

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: