Goa Sriwedari si cantik dari Jonggol

wije, bogor, 2019-12-08

Di musim hujan seperti sekarang, tak membuat komunitas caving “saung tikus” berhenti menelusuri & memantau keadaan goa-goa di sekitar jonggol. Dipilih trek yang seaman mungkin supaya pulangnya jangan sampai gotong-gotong motor lagi seperti yang dialami saat ke goa cicurug, hha.

Hari ini spesial jonggol, dalam 1 hari kita main ke 3 goa sekaligus dengan jarak saling berdekatan, dimulai dari yang terjauh goa surupan, lanjut ke goa sriwedari, dan diakhiri dengan goa ciwadon.

Goa sriwedari, dalam istilah cerita zaman dahulu sriwedari adalah nama sebuah taman di surga. hmm… dan ternyata memang sesuai namanya. dari luar goa ini tampak biasa saja.. malah terlihat biasa banget. apalagi pintu masuknya yang hampir vertikal membuat para pegowes yang lewat tak berkeinginan untuk memasukinya.

Tapi di dalamnya.. wuaaahh.. hahay… bagi orang yang sudah biasa keluar masuk goa pun goa ini bisa dibilang spesial, karena variasi stalagtitnya yang sangat beragam, dan langka!! kita bahkan bisa menemukan tipe soda straw & horen disini. Tolong jaga kelestariannya yaa. terimakasih.

videonya kakaa

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar