Curug Kembar ciberem & curug Hordeng, curug keren di sentul

Wisata Jabodetabek, sukamakmur, buitnzorg, 21 Desember 2016

puncak_rindu_sukamakmur_bogor_01

gileee gaeess.. ini bukan di jawa timur.. ini masih di sekitaran sentul tak jauh dari jakarta via citeureup cibinong.

angin hembuskan gairah padaku..

saat di sini bersama awan putih..

kau berikan harumnya lagi..

bersama dirimu.. kan ku gapai lagi..

slalu damai hati.. dalam hidup ini..

(caffeine)

Treking santai 20 menit dari tempat parkir roda dua, sampailah kita disini. Tempat di ketinggian ini memang selalu bikin kangen untuk main lagi ke curug hordeng dan curug kembar ciberem. Apalagi buat para senior² pendaki gunung yang sudah tidak ada waktu lagi untuk nanjak gunung yang tinggi².. hho hho.

Dari atas sini kita bisa melihat dari kejauhan wisata puncak bogor, kota bogor, dan juga jakarta. mancaaabb. Awan² sering menyapa turun membentuk kabut dan hujan di sini, tapi tak lama, yakinlah… hujan ingin memberikan hadiah langit biru dan pemandangan yang indah bagi petualang yang bersabar.

Lanjut… teruskan perjalanan menuju curug hordeng yang wow…

foto-orang-dari-belakang-dengan-pemandangan

wow kan? wooow

di kolam yang bawah aja udah seru… apalagi di kolam yang atas… hhi.

curug_hordeng_04

kolam yang atas, kalau musim hujan lebih keren lagi, deras tapi tetap bening

Airnya dingin dan bening gaeess, bahkan disaat hujan turun airnya tetap bening, karena curug ini berada di tempat yang sangat tinggi. Supaya ngga kedinginan… bakar² sosis lah yaa. Di kolam yang bawah di tengahnya agak dalam kurang lebih 2 meteran, sedangkan kolam yang atas 3 meteran. Yang ngga bisa berenang, bisa melipir lewat pinggiran sebelah kanan untuk selfie²an dengan background curug yg atas. hhihhi.

Pulangnya jangan balik arah, lanjut aja ke curug kembar yang jalannya ada di belakang tempat mandi & ganti pakaian, nanti dari curug kembar, mampir lagi ke curug ciburial, bisa langsung ke arah pulang tanpa balik arah deh. Asik kan?

curug_kembar_01

curug kembar, hapenya kecipratan air hha

curug_kembar_02

foto agak jauh… bening kan airnya? wow kan? wooww

Eh iya… teman²… jaga kebersihan yaa… karena kalau curug ini kotor, sampah²nya akan terbawa ke leuwi hejo… dijaga ya? minimal bawa sampah kita sampai di warung, nanti di warung ada tempat sampahnya koq.

curug hordeng & curug kembar masuk ke dalam wilayah sukamakmur (dulunya jonggol), berada di ujung babakan madang dekat leuwi hejo.

salam lestari.

curug_hordeng_perjalanan

om telolet om 🙂

Rute menuju curug Hordeng dan curug Kembar:

dari jakarta : Raya bogor – Cibinong – Citereup – Tajur Sabilillah – arah babakan madang – Curug Hordeng

dari bekasi : Bantar gebang – Narogong – Cileungsi – Jonggol Kota – arah babakan madang (arah citeureup dikit aja) – Curug Hordeng

dari puncak bogor : Kota Bunga – Sukamakmur Jonggol – arah babakan madang (arah citeureup dikit aja) – Curug Hordeng

dari cikarang : Cibarusah – Jonggol Kota – arah babakan madang (arah citeureup dikit aja) – Curug Hordeng

dari bogor : raya bogor – sentul city – jungle land – babakan madang – leuwi hejo – curug Hordeng

Harga tiket masuknya HTM cuma Rp.15ribu perorang (anak kecil gratis) + Rp.5ribu utk titip motor. mushola belum ada, kamar mandi & ruang ganti ada di curug hordeng, atau bisa juga di rumah tempat penitipan motor. Usahakan jangan naik matic yaaa… banyak tanjakan 45 derajatnya.

leuwi hejo 058

yang bawa roda 4 sebaiknya parkir di masjid ini aja, lanjut jalan kaki 45 menit menuju posko curugnya yaa, sehat hha

koordinat gps masjid : -6.5765465,106.9622814

lihat videonya yaa, kereennn

melipir dulu yuukks.. ngopi-ngopi lucu di pinggiran Danau (situ) Cibinong

wisata jabodetabek, 21 desember 2016

Danau cibinong, oase segar di tengah kemacetan kota.

Pagi, siang, sore… senin sampai minggu… duduk² di pinggir danau di sebelah pasar cibinong ini emang asik gaess… apalagi sambil seruput segelas kopi panas yg dibuatkan oleh ibu² penjual minuman disana. hmm…

danau_cibinong_01

Sambil melepas lelah sejenak melupakan kemacetan, banyak pelintas jalan yang memarkir kendaraannya di tepi danau ini, Ada beberapa pohon yang berdiri kokoh, rindang… semilir angin terasa sejuk di pipi. Di seberangnya ada pulau pemakaman cina kuno, dan dijadikan spot memancing ikan yang seru.

Di tepi danau ini banyak juga yang hanya sekedar memarkirkan kendaraannya, lalu berjalan kaki ke pasar untuk mencari sarapan atau makan siang.

Sering lewat sana kan? mampir-mampir laah.

Jaga kebersihan yaa

^_^

Hardin

Curug Country Cariu, curug keren di pinggiran jonggol

Wisata Jabodetabek, 2016-10-08

koordinat gps menuju loketnya -6.570669, 107.118830

foto-orang-dari-belakang-dengan-pemandangan

Gileee… deket bangeeettt.. cuma 2 jam santai dari jakarta atau bekasi.

Hmm… curug ini strategis banget, posisinya dekat dengan wisata penangkaran rusa cariu dan juga gunung batu jonggol. Soooo kalau main ke salah satu tempat itu, jangan lupa yaa mampir ke sini sekaliaann. wuhuuu…

Memiliki 3 nama sekaligus. Curug country.. atau curug cariu.. atau curug jodoh. olalaa. eh iya… atau… Pesona Tanjung Rasa.

curug_country_01

Curugnya dingin dan bertingkat²

curug_country_03

kenapa dinamakan curug jodoh? ayo scoobyy kita cari tauuu, ehh daripada cari tau mending cari jodoh aja lah yaaa xixixixi

Dari parkiran motor/mobil menuju curug, berjalan kaki menuruni bukit kurang lebih 5 menit aja, dan… pulangnya nanjaaak hha 10 menit deh jadinya wkwkwk. Tapi ngga berasa koq, udaranya masih sejuk, kalau beruntung bisa ketemu sama biawak dan landak, bahkan pada malam hari masih suka ada babi hutannya loh… tapi kalau beruntung yaa… karena bukan milik perhutani jadinya yaa satwa²nya sering diburu.

Fasilitas mushola, kamar mandi & ruang ganti sudah ada, warung kopi & popmi juga ada, komplit lah yaa… Eh iyaa… boleh camping / berkemah, asik kan?

Sebenarnya selain main air sambil berdoa (kepada Tuhan) minta jodoh di air terjunnya… di tempat ini juga bisa wisata Ziarah, karena setelah menyeberangi sungai ada jalan percabangan yang menanjak, naaah itu ke arah makam keramat mbah Raden Rangga Cupak, putera dari ibunda Sarianten. Siapa beliau? entahlah… penulis tidak bisa mendapatkan informasi yang jelas mengenai itu. Tapi di daerah cibarusah dan cariu ini dahulunya memang banyak yang bergelar Raden berdasarkan keturunan nenek moyangnya yang menyebarkan agama Islam di bekasi dan sekitarnya.

Rute menuju Curug Country :

Untuk menuju ke curug country ini bisa menggunakan bus tiger (nama keren dari bus tiga perempat orang bekasi hha) “Parung Indah” jurusan Bekasi – Cianjur via cileungsi jonggol, atau bisa juga bus antar kota jurusan kampung rambutan – garut pp via jonggol cianjur. turun di gang cijejet Polri (koordinat gps: -6.569547, 107.140849), lalu dilanjutkan dengan naik ojek atau 30 menit berjalan kaki santai.

cariu_jonggol_parung_indah_2

penampakan bus tiger

turun dari bus, masuk ke gang masuk cijejetpolri, ada pangkalan ojek dan warung komariyah

di dalam gang, deket kebon singkong, foto² selfie dgn latar belakang pegunungan sanggabuana kerenn cuyyy

curug_country_02

parkir motor 10rb, tiket perorang 10rb juga

ok, sekian dulu, see u on next trip yaa

 

lihat video serunya yukss

Curug Ciherang Puncak Dua.. iniii baru namanya curuugg

wisata jabodetabek, bogor, 2016-03-12

kode gps parkiran : -6.6354917,106.9995003,16

Curug ciherang itu… hmm.. curug keren yang ada rumah pohonnyaa.. hha.. pasti itu kan yang kamu pasti ingat kalau sudah pernah kesana? ya iyalaah ngga bakalan luppa, apalagi kalau foto² di rumah pohonnya sama yayank… uuuwwhh.

Di antara indahnya pemandangan jalur “puncak dua” dari arah jonggol citereup menuju kota bunga cipanas, ada curug ciherang di desa sukamakmur yang sangat alami dan keren bangeett.

curug_ciherang_01

setuju kan? bagaikan taman yang tersembunyi

akses menuju kesana sekarang sudah mudah dilalui kendaraan roda empat, selain itu jarak dari parkiran ke air terjunnya hanya 10 menit dengan berjalan kaki.

curug_ciherang_23

jembatan menuju panggung di pohon besar, bagus nih utk selfie

Bila melalui pintu satu kita akan berjalan dari atas melalui pemandangan hutan dan kemudian melewati pohon besar itu kurang lebih 30 menit berjalan kaki menuju curug.  Sedangkan bila melalui pintu dua akan melewati pemandangan bebatuan dan sungai yang mengalir dari curugnya kurang lebih 10 menit berjalan kaki menuju curug.

curug_ciherang_05

curug_ciherang_06

pemandangan dari bukit batu kecil di sisi curug

bagi yang suka menguji adrenalin… bisa dicoba menelusuri sungainya dari parkiran menuju curugnya. tapi harus bisa berenang yaa… karena ada beberapa lokasi yang ada kolamnya dan warna airnya agak kebiruan, hmm… sepertinya dalam.

curug_ciherang_12

sesuai namanya, ciherang… yang artinya… air yang bening.

biasanya kabut mulai turun sekitar jam 3 sore, dan dilanjutkan dengan hujan jam 4 nya. so… waktunya siap-siap pulang yaa.

curug_ciherang_13curug_ciherang_14

curug_ciherang_15

menikmati kabut di perjalanan pulang dekat pintu loket

bagaimana cara ke sana?

bisa melalui puncak pass ->kota bunga (puncak cipanas), bisa melalui citereup (tajur sabilillah) atau sentul (babakan madang), atau bisa juga melalui jonggol (cilengsi / cibubur / cikarang / bekasi).

curug_ciherang_16

pertigaan pasar sukamakmur diambil dari arah jonggol kota. lurus ke citereup (ada leuwi hejo & curug putri kencana), kiri ke puncak dua (ada gunung batu, curug ciherang, dan curug cipamingkis). jangan galau yaaa 🙂

curug_ciherang_17

Ketemu pertigaan lagi… kanan ke arah curug ciherang, kiri ke arah wisata gunung batu, jaraknya sama² 4km. hadeeeh tambah galau… 🙂

biaya masuk :

tiket wisata perhutani + asuransi Rp.10.000,- per orang

parkir motor Rp.2.000,- parkir mobil Rp.4.000,-

retribusi :

biaya kebersihan Rp.3.000,-

pungli :

parkir motor di area parkir Rp.4.000,-

Fasilitas :

curug_ciherang_18

Kamar mandi bilas dekat air terjun, dibukanya kalau ramai pengunjung aja, kalau yang ini ditutup mandinya di kamar mandi yang dekat mushola aja.

curug_ciherang_19

mushola seadanya, dekat toilet dan kamar mandi. ada 1 mukena bersih dan 1 sarung bersihnya. teman² yang mau menyumbang mukena atau sajadah boleh laaah… insyaAllah bermanfaat dan berkah.

curug_ciherang_20

ngobrol sama pak ErWe Cablak. @depan kamar mandi bilas yang dekat warung makan

curug_ciherang_21

warung makannya viewnya sungaaaaiii

Ingin menginap?

setelah loket tiket masuk, disebelah kiri sekarang sudah ada penginapan. biaya penginapan untuk 1 rumah permalamnya @Rp.800rb. rumahnya bisa untuk 8 – 10 orang, jadi cocok banget deh utk acara keluarga atau menginap bersama teman-teman. untuk pemesanan sebaiknya langsung konfirmasi aja ke telp / whatsapp di 0812-8992-5596 supaya nanti bisa gratis tiket masuk curugnya.

rumah penginapan curug ciherang

selamat berkunjung teman²…

 

lihat videonya yukss

Air Terjun Panas Cibodas, air terjun unik di perbatasan bogor sukabumi cianjur

wisata jabodetabek, 2015-09-05

Camera 360

hot springs waterfall

Udah pada tau luuuummm??? di cibodas ada air terjun yang airnya panas looh, hmm… mungkin air terjun ini yang jadi cikal bakal nama “cipanas” di daerah puncak ya.. hmm mungkin. Air terjunnya lumayan tinggi, dan di tengah ketinggian air terjun itu (bukan di bawah air terjun dan bukan di atasnya juga) ada jalan setapak yang bisa kita lewati. Gimana, udah kebayang belum? ini diaa keunikan yang cuma ada satu-satunya di Indonesia gaess, atau bahkan mungkin di dunia.

Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) secara administratif masuk ke dalam 3 wilayah yaitu bogor, sukabumi, dan cianjur.

Sebenarnya hari ini kita mau muncak di gunung gede, tapi apalah daya, petugas loket memberitahukan bahwa jalur pendakian sedang ditutup karena musim kemarau extrem. Selain dikhawatirkan terjadi kebakaran hutan, suhu di puncak juga lebih super dingin dari biasanya, jadinya cuma bisa beli tiket ke air terjun aja deh. Ngga usah cedih… cup cup cup… kita campingnya nanti malam di bumi perkemahan aja yaaa…

air_panas_gede_pangrango_cianjur_01

Camera 360

tiket air terjun Rp.18.500,- sore harus turun, ngga boleh ngecamp pakai tiket ini.

Memulai km “Nol” dari jalur cibodas, kita disuguhkan jalur yang nyaman, udara yang fresh, melewati telaga biru… hhmmmm… suara burung dan penampakan hewan² yang langka kadang masih bisa kita lihat di hutan lindung TNGP ini.

Camera 360

belalang ranting, udah pernah lihat lum?

Dan akhirnya tibalah di persimpangan yang bikin labil… yep, pos panyangcangan. heu heu… pilih mana… air terjun “keren” cibereum yang pastinya bakalan penuh hari ini… atau air terjun panas yang masih 2 jam perjalanan lagi… hha. (2 jam karena kita bawa beban berat peralatan tempur di punggung yaaa, ganti²an, tunggu²an… nobody left behind).

air_panas_gede_pangrango_cianjur_13

pilihan sulit…

Okelah karena memang dari awalnya kita membawa rekan² untuk “pengalaman pertama” nya mendaki gunung, baiklaaahh suara terbanyak adalah ke air panas, ke cibereum nanti aja turunnya kalau memang masih ada waktu tersisa. Dan… here we are.

air jatuh dari kiri atas, airnya menyeberangi jalan setapak berbatu selebar kira² 2meter lalu terjun lagi deh ke kanan, sensasinya woww!! ayo kita lewati… berani kan? dasarnya ngga kelihatan, jalannya jangan terlalu di pinggir yaa..

berendam di kolam air panas sebelah air terjun aahh… yakuzi sehat ala ala gitu deh hha asiknya. sambil antri pijat kaki ohohoho… terasa di halaman belakang rumah sendiri brooohh!! eh iya, airnya jangan diminum yaa… mengandung belerang

Abis berendam enaknya ngopi² sambil masak mi instan hha, eh iyaa setelah selesai berendam, jangan lupa ganti pakaian yang kering yaa… supaya tidak kena hipotermia, angin di atas gunung beda dengan angin di bawah.

Bawa turun sampahmu yaa, jangan buang apa² sembarangan walaupun hanya sekedar biji buah²an karena dapat merubah ekosistem yang ada.

Camera 360

tips:

sekecil atau setinggi apapun… naik gunung jangan berbicara kasar, hormati yaaa… jangan lupa bawa air minum dan p3k atau obat²an standar seperti minyak kayu putih atau apalah. Jangan tinggalkan temanmu lebih dari 1 pos pemberhentian.

Camera 360

melakukan tindakan kepada pendaki lain yang berbaring sendiri di pinggir jalan dengan kaki luka, dia ditinggal jauh oleh rombongannya, ckckck

mau mulai nanjak pagi? malamnya mau nginep tapi tanpa bawa atau sewa tenda? nginep di warung mang idi aja di parkiran, per orangnya cuma 5ribu rupiah, tempatnya bersih, bantalnya banyak, makanan 24 jam, kamar kecil cewe cowo terpisah & mushola tersedia.

air_panas_gede_pangrango_cianjur_25

sampai jumpa lagi di cibodas 🙂

12 curug terindah di jawa barat

12… ehh… 19 deh…

Ternyata banyak juga yaa air terjun di jawa barat yg tidak terlalu jauh dari Jakarta, inilah 19 diantaranya yang ter”oke” berdasarkan penilaian penulis pribadi. hmm… langsung aja yaa… 🙂

19. curug sawer – sukabumi

komplit. curug.. danau… hutan pinus… benar² komplit.

foto orang dari belakang dengan pemandangan

sumber foto

18. leuwi hejo & curug barong – Bogor

tosca. beneran tosca. tapi saat mulai hujan sebaiknya buru² udahan yaa… karena air akan berubah menjadi coklat, deras dan berbahaya.

leuwi hejo 40

sumber foto

17. curug cipurut – Purwakarta

curugnya sih biasa aja, tapi dinginnya luar biasa, dan pemandangan di curugnya benar² alami.

curug_terindah_di_jawa_barat_cipurut

sumber foto

16. curug ciherang – Bogor

ciherang itu.. curug yang ada rumah pohonnya, bening dan dingin airnya. nyesel deh kalo jauh² kesana tapi ngga berenang.

curug_ciherang_01

sumber foto

15. putri kencana – Bogor

1 tiket dapat 5 curug. ajib.

IMG_20151128_152955

sumber foto

14. curug sawung (curug nangka) – Bogor

di curug nangka ada beberapa curug, nah ini salah satunya.

curug_terindah_di_jawa_barat_sawung

sumber foto

13. curug ciampea – bogor

keren kan? bening kan? dinginnya… jangan ditanya… wiiihh…

curug_ciampea_instagram

sumber foto

12. curug cilember – Bogor

disebut juga curug 7, yapp.. curugnya ada 7.

curug_terindah_di_jawa_barat_cilember

sumber foto

11. air terjun panas – (perbatasan Bogor / Sukabumi / Cianjur)

jalan kakinya 4 jam gaess… capenya bakalan ilang setelah kita berendam di kolam air panasnya. asek asek.

Camera 360

sumber foto

10. curug bibijilan – Sukabumi

asik nih untuk dipanjat², ngga licin, teksturnya seperti karang / kapur. sumber airnya berasal dari sungai² di goa² bawah tanah yang muncul ke permukaan. bibijilan artinya bermunculan.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_bibijilan

sumber foto atau curug bibijilan goa buniayu

9. curug cimahi – Bandung

disebut juga curug pelangi, karena kalau malam ada lampu warna-warninya.

curug_terindah_di_jawa_barat_cimahi

sumber foto

8. curug lalay & pengantin + greencanyon – (perbatasan Karawang / Bogor)

susuri sungainya… banyak curug yang didapat.

next_trip_green_canyon

7. curug kembar – Sukabumi

tapi curug ini belum dibuka untuk umum oleh TNGP… jadinya… masih rahasia. menuju kesana kita harus menuruni tebing berpegangan pada ranting² pohon.

curug_terindah_di_jawa_barat_kembar_sukabumi

sumber foto

6. air terjun cibereum – (Cianjur / Bogor / Sukabumi)

nikmati udara pegunungan sampai ke curugnya, jalan kakinya 1 jam santai, trek bagus dan mudah.

curug_terindah_di_jawa_barat_di_jawa_barat_cibereum

sumber foto

5. curug hordeng & curug kembar – Bogor

mobil agak susah, kesini harus naik motor gaess… tapi luar biasa keren…

curug_hordeng_04

sumber foto

4. curug bidadari – Bogor

curugnya udah kelihatan dari parkiran mobil, jadi bisa ajak kakek nenek deh…

bidadari_04

sumber foto

3. curug malela – Bandung

siapkan perbekalan yang cukup yaa, pasti lapar kalau jalan kesana.

curug_terindah_di_jawa_barat_malela

sumber foto

2. curug luhur – Bogor

tempatnya agak berantakan, tiket mahal, banyak warung, tapi curugnya bagus. banget.

curug_terindah_di_jawa_barat_luhur

sumber foto

1. curug cikaso – Sukabumi

bisa jalan kaki susuri sawah, bisa juga naik perahu di sungai yg warnanya tosca. keren banget deh.

cikaso_04

sumber foto

 

… 19 pun sepertinya masih kurang… masih banyak lagi air terjun cantik terutama di kaki gunung salak yang masuk wilayah administrasi banten, semisal curug cihear dsb, dan juga curug² yang ada di cianjur misal curug cikondang yang ada di tengah sawah atau curug citambur yang suaranya menggetarkan jantung. Penulis belum berkesempatan berkunjung kesana karena keterbatasan akomodasi.

Curug Love Baliung Putri Kencana Sentul, bayar 1 tiket, dapat 5 curug hho asiknyaa

Wisata Jabodetabek, Sabtu, 2015-11-28

11 bulan sejak dibukanya kawasan hutan lindung Putri Kencana oleh Perhutani untuk pariwisata, akhirnya waktu yang ditunggu tiba juga, huhuuuww awal musim hujaaan cihuy, itu dia yang ditunggu. karena di awal musim hujan debit air semua curug mulai mengalir jernih dan segar.

Di Putri Kencana ini ada 5 curug antara lain: leuwi pariuk, leuwi damang, curug putri kencana, leuwi baliung, dan curug love. Dan kita cukup bayar 1 tiket untuk semuanya.

Bogor memang terkenal dengan kawasan sejuta curug (air terjun) dan leuwi (kolam yang mengalir). Coba aja lihat papan petunjuknya, cuma bayar tiket 10ribu perorang + parkir 5ribu per motor kita bisa jalan² sepuasnya di hutan nikmatin banyak curug & leuwinya. Hmm… yang mana dulu yaa.

putri_kencana_video

eh eh… kalau suka kasih like yaaa… terimikici

Di kawasan putri kencana ini curug² dan leuwi²nya dibiarkan alami, dengan pohon² yang tinggi membuat nuansanya benar² di alam bebas, apalagi bila sempat meluangkan waktu kurang lebih 15 – 30 menit berjalan kaki menuju curug love, wiiiiiihhh wangi hutan bambu dan cengkehnya itu looh sangat terasa.

Ketinggian curug & kedalaman leuwi sangat bervariasi, jadi kita bisa pilih mana tempat yang cocok sesuai kemampuan kita, kalau tidak bisa berenang ya cukup berendam di leuwi yang sepinggang saja. Leuwi yang paling dalam dan air terjunnya paling tinggi adalah curug Putri Kencana, dengan ketinggian sekitar 7 meter dan kedalaman kolamnya 5 meter lebih.

Kamar mandi bilas sekaligus watercloset, mushola… semuanya terjaga kebersihannya. Tempat sampah tersebar hampir si setiap sudut, jadi jangan buang sampah sembarangan yaa.

Untuk makanan & minuman termasuk murah meriah, warung² dan saungnya tertata rapih. Ya secara pengelolaan & tata letak sangat okelah. Warung-warung juga menyediakan jasa peminjaman celana pendek dan juga rompi keselamatan. Mampir ke warung yang di pojok atas leuwi baliung yaaa… yg di kaca etalasenya ada sticker wisatajabodetabek 🙂 ibu dan bapaknya sangat ramah, bisa titip tas juga.

Mau ngecamp? oooohh bisaaa… di Putri Kencana ini Perhutani juga menyediakan lahan untuk camping ground, asik kaann? yuuk ke Putri Kencana.

Rute paling mudah menuju ke lokasi:

Pintu tol citereup -> pasar citereup -> tajur sabilillah -> arah jonggol -> leuwi hejo -> putri kencana (jalan lebih bersahabat & pemandangannya asik)

atau alternatif yang ke 2:

Pintu tol sentul -> sentul city -> jungle land -> babakan madang -> geopark agung garunggang -> putri kencana (banyak yg minta uang, pulangnya macet parah pula)

Hardin

Penulis

Previous Older Entries